10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!


10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!


Cari jajanan yang enak itu nggak susah, tinggal liat aja makanan jalanan atau makanan yang dijual di pinggir jalan. Ada banyak pilihan berbagai macam makanan yang dijual di gerobak-gerobak, kedai, kios, troli, dan berbagai bentuk warung lainnya.

10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!

Nggak hanya di Indonesia, kamu juga bisa menemukan berbagai macam makanan jalanan atau street food di Negara-negara luar. Apa saja makanan jalanan terenak di dunia? Berikut listnya.

10. Sambusas

10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!

Sambusas, samoosas, sambosas, atau samosa merupakan cemilan favorit pendamping minum teh yang terkenal di Kenya. Makanan ini juga banyak ditemui di wilayah Timur Tengah, India dan Pakistan.

Sambusa adalah sejenis kue yang digoreng atau dipanggang dan diisi dengan berbagai isian seperti sayuran, kentang, bawang dan kacang polong. Bisa juga ditambahkan dengan daging ayam, daging sapi, atau daging domba.

Sambusas sangat enak jika disantap dalam keadaan panas dan disajikan dengan saus pedas atau chutney.


9. Pakbet dan Pork/ Chicken Adobo

10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!

Pakbet atau yang juga disebut dengan pinakbet merupakan makanan jalanan yang banyak tersedia di Filipina.

Makanan ini terdiri dari berbagai sayuran seperti melon, tomat, okra, kacang, terong, dan paprika yang direbus bersama ikan atau udang. Kemudian, rebusan tersebut dibumbui dengan bawang putih, bawang merah dan jahe yang dimasak hingga menyusut dan mengkerut. Daging ayam atau babi juga dapat ditambahkan ke dalam masakan ini.

Adobo sendiri dalam bahasa Filipina berarti saus atau bumbu yang dicampur dengan daging atau seafood, bumbu kecap dan juga bawang putih yang dimasak dalam minyak. Adobo begitu populer di Filipina sehingga sering dianggap sebagai hidangan nasional tidak resmi dari Filipina.

8. Tacos dan Tostadas

10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!

Belum sah ke Meksiko jika kamu belum mencicipi taco atau tostadas.

Taco merupakan makanan yang terbuat dari gulungan tortilla yang diisi dengan berbagai macam isian seperti sayuran, keju, daging, ataupun seafood. Sedangkan, tostada merupakan taco yang dipanggang.

Kedua jajanan tersebut biasanya disajikan bersama saus salsa, guacamole, bawang, atau selada.

7. Shish Kebab

10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!

Saat ini kamu bisa menikmati kebab tanpa perlu ke timur tengah. Ada banyak gerobak-gerobak yang menjual kebab dipinggir jalan. Tetapi kebab-kebab yang ada di Indonesia berbeda dengan shish kebab asli dari Maroko.

Makanan ini terdiri dari potongan-potongan kecil daging seperti daging domba, daging sapi, ayam, ikan, dan bahkan babi yang telah dimasak di atas bara. Potongan daging ini ditusuk menggunakan tusuk sate lalu disajikan dengan nasi atau roti.

6. Dumpling

10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!

Jajanan asal Taiwan ini merupakan kue berbentuk bulat yang diisi dengan berbagai macam isian seperti sayuran, daging, ataupun seafood. Dumpling juga dapat diisi dengan berbagai isian yang manis seperti buah, selai kacang, atau custard.

Dumpling dapat dimasak dengan cara digoreng, direbus, atau dikukus. Dumpling yang berjenis asin dapat ditambahkan pula ke dalam sup atau juga rebusan.

5. Pie

10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!

Pie merupakan salah satu makanan jalanan yang paling sering kamu temukan di Inggris.

Ada dua jenis pie yang bisa kamu pilih, yaitu pie manis dan pie asin. Kudapan ini biasanya diisi dengan berbagai jenis isian seperti daging, sayuran, cokelat, dan juga buah. Beda loh ya sama pie susu khas Bali..

4. Pølse

terbuat dari daging babi tersebut ditumbuk halus dan kemudian dibumbui dengan lada, pala, atau mustard.

Denmark terkenal akan fakta bahwa dengan populasi hanya sekitar 5 juta penduduk, Negara ini mampu menghasilkan lebih dari 100 juta sosis merah setiap tahunnya. Karena saking banyaknya produksi sosis merah atau pølse di Denmark, makanan ini dinobatkan sebagai makanan nasional negara ini.

Pølse terbuat dari daging babi yang ditumbuk halus dan dibumbui dengan lada, pala, atau mustard. Sosis ini biasanya disajikan dengan mustard, saus tomat, bawang goreng dan acar mentimun. 

3. Baguette Sandwich

10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!

Baguette merupakan roti klasik khas Perancis yang dapat ditemukan dengan mudah di Perancis, mulai dari warung pinggir jalan, toko roti, hingga restoran kelas atas.

Roti ini berbentuk panjang dengan tekstur yang sangat renyah. Biasanya baguette memiliki lebar sekitar 6 cm dan panjang sekitar 65 cm.

Baguette sandwich merupakan olahan baguette yang paling terkenal. Namun, pada umumnya orang Perancis hanya menaburkan pate atau keju krim di atas roti ini.

Baguette juga biasanya dimakan saat sarapan dengan hanya diolesi mentega dan selai lalu kemudian dicelupkan ke dalam kopi atau cokelat panas.

2. Souvlaki dan Pita Bread

10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!

Kata 'Souvlaki' berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘tusuk’. Souvlaki sendiri merupakan makanan cepat saji yang terdiri dari daging dan sayuran panggang yang ditusuk dengan tusuk sate. Souvlaki dapat dimakan langsung ataupun disajikan di dalam pita bread dengan berbagai macam hiasan dan juga kentang goreng.

Di Yunani, daging yang paling sering digunakan untuk membuat souvlaki adalah daging babi. Namun, souvlaki juga dapat dibuat dengan menggunakan daging sapi, ayam dan ikan todak.

1. Nasi Goreng

terbuat dari daging babi tersebut ditumbuk halus dan kemudian dibumbui dengan lada, pala, atau mustard.

Makanan Indonesia memang tidak diragukan lagi kelezatannya, duniapun mengakuinya. Tak hanya rendang, tempe, sate dan lapis legit, nasi goreng juga menyita perhatian dunia.

Siapa yang belum pernah mencoba atau yang tidak menyukai nasi goreng? Artis-artis luar negeri yang konser di Indonesia pun banyak yang jatuh hati dengan makanan satu ini.

Nasi goreng adalah nasi yang digoreng dengan sedikit minyak goreng, dicampur dengan bawang merah, bawang putih, kecap dan sambal. Campuran tambahan seperti sayuran, telur, daging, udang, bakso atau teri juga dapat ditambahkan ke dalamnya.

Dalam sebuah polling online yang diikuti oleh 35.000 orang yang dilakukan pada tahun 2011 oleh CNN International, nasi goreng meraih juara kedua dalam daftar '50 Makanan Paling Lezat di Dunia'. Hebat bukan!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Makanan Jalanan Terenak di Dunia, Indonesia Juaranya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel