10 Macam Ilmu Psikologi yang Wajib Diketahui


10 Macam Ilmu Psikologi yang Wajib Diketahui


Saat ini ilmu psikologi semakin “melonjak” namanya dan semakin banyak orang yang mengetahuinya. Psikologi sendiri berasal dari basaha Yunani “Pysche” yang berarti jiwa dan “Logos” yang berarti ilmu. Jika didefenisikan Psikologi berarti ilmu tentang jiwa. Jiwa yang dipelajari di sini bukanlah jiwa ‘ruh’ namun tingkah laku manusia.

10 Macam Ilmu Psikologi yang Wajib Diketahui

Psikologi memiliki banyak sekali cabang, ada sekitar 35 cabang psikologi yang terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Buat kamu yang tertarik dengan psikologi, berikut adalah 10 Macam Ilmu Psikologi yang Wajib Diketahui.

1. Psikologi Umum

Psikologi umum merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia pada umumnya, seperti keadaan emosi, intelegensi, memori, pembentukan karakter, kepribadian, dll. Ilmu ini mencakup hampir semua macam ilmu psikologi, namun hanya sebatas penjelasan umumnya saja.

2. Psikologi Industri & Organisasi

Psikologi Industri & Organisasi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia di tempat kerja dan di dalam organisasi. Buat kamu yang tertari menjadi HRD, kamu dapat mengambil konsentrasi di Psikologi Industri & Organisasi atau PIO. Di sini kamu akan belajar bagaimana cara pengambilan keputusan kelompok, semangat kerja karyawan, motivasi kerja, produktivitas stres kerja, seleksi pegawai, dan berbagai masalah lainnya.

3. Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan merupakan ilmu yang mempelajari faktor-faktor perkembangan manusia sejak lahir hingga pada lanjut usia. Contohnya yaitu pembentukan karakter.

Setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang pemarah, pemalu, pemberani, dll. Psikologi perkembangan menjelaskan mengapa karakter-karakter tersebut bisa ada pada seseorang. Apakah mungkin pada usia kecil ia terlalu dimanja, jarang diperhatikan, dilarang melakukan ini dan itu,  atau jarang diajak berkomunikasi, dll.

4. Psikologi Kepribadian

Psikologi kepribadian merupakan studi ilmiah tentang tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kepribadian adalah cara individu untuk bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Ilmu ini berkaitan erat dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, yang mana kepribadian sendiri merupakan hasil dari perkembangan individu sejak masih kecil dan bagaimana cara individu itu sendiri dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya.

5. Psikologi Klinis

Psikologi klinis merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara memahami, mencegah, dan memulihkan keadaan psikologis seseorang ke arah normal. Contohnya pada orang yang terkena depresi, tindakan apa yang harus kita lakukan untuk menangani orang tersebut, dan bagaimana cara kita untuk menyembuhkan dia dari depresi.

6. Psikologi Konseling

Psikologi Konseling merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan terapis dengan klien. Misalnya yaitu bagaimana cara kita melakukan konsultasi, bagaimana kita menghadapi karakter-karakter klien yang berbeda-beda dan bagaimana cara kita menyampaikan informasi yang baik terhadap klien kita.

7. Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebiasan-kebiasaan individu yang menyimpang dari keadaan normal, seperti homoseksual, clepto, psikopat, dll.

8. Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan merupakan ilmu tentang masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Psikologi ini berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang. Misalnya, mengapa ada anak yang rajin dan malas, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut.

9. Psikologi Faal

Psikologi faal merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan fungsi dan kerja alat-alat dalam tubuh. Ilmu ini berfokus kepada pengaruh kondisi biologis (faali) seseorang terhadap perilaku atau tindakan orang tersebut. Contohnya yaitu mempelajari bagaimana otot seseorang akan bekerja ketika orang tersebut sedang meluapkan rasa marah, senang atau sedih dan apa yang akan terjadi pada kondisi psikis seseorang yang sering marah.

10. Psikologi Diagnostik

Psikodiagnostik merupakan ilmu yang mempelajari tentang berbagai metode untuk membuat diagnosis psikologis yang bertujuan untuk dapat memperlakukan manusia dengan lebih tepat sesuai dengan psikis yang dialaminya, menetapkan (mendiagnosa) kelainan-kelainan psikis dengan tujuan untuk dapat memberikan pertolongan secara tepat dan akurat.

Mempelajari ilmu psikologi merupakan hal yang sangat menarik dan bahan bahasannya pun tidak ada habisnya, karena psikologi membahas tentang manusia yang selalu berkembang dan bertambah. Penjelasan di atas hanyalah penjelasan singkat 10 ilmu psikologi dari banyaknya macam-macam dan cabang ilmu psikologi. Kamu bisa memfokuskan tertarik dengan psikologi apa agar lebih memahaminya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Macam Ilmu Psikologi yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel