10 Contoh Teks Rekaman Percobaan


10 Contoh Teks Rekaman Percobaan


Teks rekaman percobaan adalah teks yang biasa dipakai oleh seorang penulis atau peneliti yang ingin membuat sebuah percobaan atau penelitian mengenai sebuah hal atau pembuatan sesuatu yang kelak teks tersebut bakal berguna sebagai teks yang berisi rekaman-rekaman (dokumentasi) dari percobaan yang diperbuat oleh penulis.

Teks rekaman percobaan mempunyai 4 struktur yang harus ada supaya sebuah teks dapat dikatakan sebagai teks rekaman percobaan. Ke empat struktur tersebut adalah tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan.

Selain itu, teks rekaman percobaan juga mempunyai ciri kebahasaan: Kalimat Penghubung, Kalimat Rujukan, Istilah Teknis, Kalimat Bilangan, Sinonim dan Antonim, Kalimat Majemuk dan Kalimat Perintah.

10 Contoh Teks Rekaman Percobaan

Adapun contoh teks rekaman percobaan adalah sebagai berikut.

1. Membuat Tinta Tidak Tampak


Pernahkah kamu memberi tau sesuatu yang bersifat rahasia? Kalau pernah, pasti kamu tidak ingin orang lain mengenal rahasia tersebut. Berikut ini adalah salah satu cara untuk memberi tau sesuatu supaya orang lain tidak mengenalnya. Hal tersebut bisa dibuat dengan memakai tinta yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Kamu bisa memakai cara ini untuk memberi tau pesan rahasia terhadap kawanmu.

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan berikut

  • Lemon
  • Air
  • Sendok
  • Mangkuk
  • Cotton bud
  • Kertas putih
  • Lampu bohlam

Sesudah alat dan bahan sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan berbagai tetes air.
  • Aduk air dan jus lemon dengan sendok.
  • Celupkan cottonbud ke dalam campuran dan tulislah pesan di atas kertas putih.
  • Tunggu jus tersebut kering jadi tidak tampak.
  • Untuk membaca pesan rahasia yang kamu tuliskan atau ingin menunjukannya ke orang lain, kamu bisa buat dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu.

Sesudah melewati langkah-langkah tadi, saat ini kamu telah mengenal bagaimana cara membuat tinta tidak tampak. Kamu bisa memakai cara ini untuk menulis sesuatu yang sifatnya rahasia. Tinta yang tidak tampak ini merupakan reaksi kimia. Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warna menjadi cokelat saat dipanaskan. Pengenceran jus lemon dalam air membuat tulisan susah untuk dilihat saat kamu menuliskan pesan di kertas. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari kehadiran tulisan tersebut hingga dengan dipanaskan dan pesan rahasia akan terungkap.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama, antara lain, jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak tampak juga bisa dibangun dengan memakai reaksi kimia atau melihat cairan tertentu dengan sinar ultraviolet (UV).

2. Kenaikan Tarif Tol Tidak Mempertimbangkan Hak Konsumen


Tarif ruas tol bakal kembali naik. Hari ini, PT. Jasa Marga bakal menaikkan tarif ruas Tol Sedyatmo mulai Jumat (19/9). Penaikan ini dinilai tidak adil sebab tidak mempertimbangkan hak konsumen sebagai pemakai jasa.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, berbicara sudah berulang kali kenaikan tarif tol dianggap tidak adil sebab berdasarkan regulasi mengatur kenaikan tarif tol setiap dua tahun, serta hanya berlandaskan laju inflasi. "Hal initidak adil sebab hak-hak konsumen tidak dipertimbangkan. Indikator kenaikan bukan inflasi saja, melainkan juga kemanfaatan jalan tol bagi pemakai," tuturnya saat dihubungi SH, Senin (15/9) pagi.

Menurutnya, fakta selama ini, kenaikan tarif tol tidak seimbang nilai layanan. Pertumbuhan pembangunan jalan tol yang relatif lambat juga tidak sanggup mengimbangi pertumbuhan kendaraan.

"Sebagai contoh, grafik kecepatan rata-rata terus bertambah jadi waktu tempuh kendaraan lebih efisien dari segi waktu. Lihat saja kecepatan rata-rata kendaraan yang melintasi tol dalam kota setiap hari, dari arah Jagorawi menuju Semanggi, padatnya menarik. Jarak tempuh bisa 2-3 jam, sangat macet sekali," ucapnya.

Tulus menyatakan, sudah sejak lama pihaknya menganjurkan supaya Undang-Undang (UU) dan Peraturan Pemerintah (PP) mengenai Jalan direvisi supaya tidak hanya berpihak terhadap investor dan operator jalan tol. "Standar pelayanan minimum (SPM) pun haruslah ditingkatkan standarnya, tidak hanya itu-itu saja selama puluhan tahun. Masak tarif sudah naik, tetapi SPM tidak naik, malah turun standarnya," tutur Tulus.

PT. Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) selaku Tubuh Usaha Jalan Tol (BUJT) di tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo bakal menaikkan tarif 7,14-18,75 persen mulai Jumat mendatang, sejak pukul 00.00 WIB. Dengan kenaikan itu, PT. Jasa Marga memperkirakan pendapatan perusahaan bakal naik kurang lebih Rp100 juta per hari .

Pejabat PT. Jasa Marga Tbk, Taruli M. Hutapea, berbicara hingga Juli 2014 lalu, lintas harian rata-rata (LHR) ruas tol sepanjang 14,3 kilometer (km) tersebut mencapai 204.000 kendaraan per hari, dengan pendapatan Rp1,1 miliar setiap hari. "Jumlah LHR ini tetap tidak banyak di bawah sasaran yang ditetapkan perusahaan," ujarnya.

Ia mengungkapkan, ruas Tol Sedyatmo ini menyumbang 6 persen dari semua ruas tol Jasa Marga. Sejauh ini, pendapatan keseluruhan perusahaan pelat merah ini dalam bisnis jalan tol mencapai Rp18 miliar per hari.

Para ahli menyarankan pemerintah, dalam hal ini PT. Jasa Marga, untuk menunda penaikan tarif tol tersebut mengingat efek yang ditimbulkan penaikan tersebut bakal sangat terasa bagi kalangan menengah ke bawah.

3. Jebakan Tikus Sederhana


Tikus merupakan fauna pengerat yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, haruslah ada cara untuk membasminya. Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana. Sebetulnya, saat ini lumayan banyak alternatif untuk melenyapkan tikus, contohnya memakai racun atau memakai alat elektronik. Tetapi, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan.

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat jebakan tikus benar-benar sederhana dan pasti bisa didapat dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana:

  • Ember yang berkapasitas besar
  • Kaleng bekas
  • Kawat besi
  • Balok kayu kecil
  • Selai kacang atau selai lainnya

Kalau sudah tersedia semua bahan contohnya di atas, langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah mecelahi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember. Kedua, celahi lagi ember tersebut di bawah celah yang pertama tadi, celah yang ini dibangun lebih besar supaya tikus bisa masuk ke dalamnya. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju celah yang lainnya. Keempat, buat juga celah di kaleng bekas tadi cocok di tengah-tengah segi atas dan bawahnya. Kelima, masukkan kawat tadi di celah ember besar yang pertama Lalu disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang. Jebakan yang kamu buat siap dipakai.

Sesudah mengikuti langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana bisa kamu gunakan. Kamu bisa meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, atau tempattempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membunuh tikus tersebut.

Jebakan tikus contohnya di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus memakai bahan kimia. Tidak hanya itu, cara ini bisa menekan anggaran yang haruslah dikeluarkan untuk melenyapkan tikus sebab bahan-bahan yang dipakai hanyalah sebuah barang bekas.

4. Baterai Alamiah dari Kentang

Pernahkah kamu mengalami mati lampu di rumah? Rasanya tidak enak apabila sedang beraktivitas dalam kegelapan. Selama ini listips yang kamu gunakan tetap memakai sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Sebuah saat sumber energi tersebut bakal habis. Oleh sebab itu, sebuah energi pilihan sangat diperlukan untuk menghindari krisis energi. Percayakah kamu apabila alam ini sebetulnya mempunyai banyak sumber energi? Ada sebuah energi listrik pilihan yang bisa dikembangkan.

Alat dan bahan yang dipakai:

  • Kentang
  • Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa)
  • Kabel
  • Penjepit buaya
  • Lempengan tembaga
  • Lempengan seng
  • Untuk pengganti tembaga dan seng ini bisa dipakai isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam

Langkah Pembuatan:

  • Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak berbagai mili/ senti (jangan disatukan).
  • Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu.
  • Perhatikan nyala lampu yang terjadi Apabila nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik Apabila lampu tidak menyala juga, silakan tambah kentang tersebut supaya arus listrik yang dihasilkan bertambah besar.

Sesudah langkah-langkah terlaksana, saat ini kamu mempunyai salah satu energi alternatif. Apabila terus dikembangkan, energi pilihan ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang bisa dipakai di masa yang akan datang.

Lampu tersebut bisa menyala sebab adanya arus listrik yang mengalir. Contohnya halnya baterai lampu senter, kentang dan lempengan-lempengan tersebut pun menghasilkan arus listips mesikipun sangat lemah. Getah kentang mempengaruhi logam logam tersebut dengan cara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh sebab itu, susunan contohnya ini disebut elemen galvani sebab yang pertama kali memantau proses ini dalam eksperimen adalah seorang dokter dari Italia bernama Galvani.

5. Cara Membuat Lampion Menggunakan Benang


Membuat lampion dari benang merupakan sebuah kerajinan tangan yang bisa dibangun sendiri dengan mudah. Kita bisa membuat prakarya ini untuk mengisi waktu luang tidak hanya tersebut juga bisa dipakai sebagai kesempatan usaha yang menjanjikan.

Lampion benang merupakan sebuah lampu yang dibuat memakai benang atau tali yang dibentuk sebagai tempat bolam lampion. Lampion tipe ini sangat banyak dibuat sebab mempunyai bentuk yang unik serta anggaran untuk membuat relatif terjangkau.

Alat dan Bahan:

  • Balon karet yang bakal dipakai untuk membuat bentuk lampion
  • Benang warna yang bakal dipakai sebagai bahan mutlak membuat lampion
  • Lem kayu dipakai untuk merekatkan benang ke balon karet
  • Kain flanel yang bakal dipakai untuk menghias lampion supaya lebih cantik
  • Kuas untuk menolong mengoleskan lem pada balon
  • Gunting untuk membentuk serta merapikan bentuk lampion
  • Bola lampu yang bakal dijadikan sumber cahaya dari lampion benang

Langkah-langkah:

  • Ambil balon karet yang telah disiapkan, tiup atau isi angin hingga dengan ukuran yang diharapkan. Usahakan jangan terlalu besar sebab bakal memerlukan bahan serta waktu yang lebih banyak.
  • Masukan lem kayu ke dalam wadah campur dengan tidak banyak air supaya lem tidak lebih encer. Jangan terlalu encer sebab bakal lama kering serta daya rekatnya kurang.
  • Sesudah lem sudah tercampur sempurna dengan air, gunakan kuas untuk melapisi semua permukaan balon dengan lem tersebut, hal ini diperbuat supaya benang bisa menempel pada balon.
  • Sesudah semua permukaan balon dilapisi lem, lilitkan benang ke balon dengan acak.
  • Bila lilitan benang sudah kelihatan rata dan agak tebal, lapisi ulang semua permukaannya memakai lem dan lilitkan lagi benang ke balon. perbuat langkah ini dengan cara berulan-ulang hingga tingkat ketebalan balon yang Kita inginkan. Yang haruslah Kita perhatikan ialah terus tebal lilitan benang pada balon makan nantinya bakal terus redup cahaya yang keluar dari lampion.
  • Sesudah berakhir lapisi kemabli semua permukaan benang dengan lem.
  • Tunggu lem hingga mengering, usahakan selama pengeringan lem balon di gantung dan hindarkan dari panas matahari sebab dikawatirkan balon bakal meledak.
  • Sesudah lem sangatlah kering potong dibagian bawah balon untuk membuat celah supaya bisa dipasang lampu.
  • Langkah terbaru satukan lampion yang telah dibangun dengan bolam lampu yang telah disiapkan.
  • Supaya desain lampion benang makin luar biasa, Kita bisa menghias memakai kain flanel dan membentuk beberapa karakter lucu yang Kita sukai.

Dengan bahan yang sederhana Kita bisa membuat lampion yang mempunyai kualitas seni tinggi. Benda ini juga sangat berguna untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari

Selain bisa menghasilkan kerajinan yang berguna dan mempunyai kualitas jual, membuat kerajinan lampion dengan memakai benang ini juga bisa mengasah kreativitas seseorang.

6. Membuat Slime Tanpa Menggunakan Borax


Slime merupakan cairan kental yang menggumpal dan bisa dimainkan, mempunyai daya renggang, lembut, kenyal, dan asik saat dimainkan.

Tujuan pembuatan slime supaya kita menjadi lebih kreatif serta menghemat uang sebab tidak harus membeli slime yang sudah jadi.

Alat dan bahan:

  • Lem povinal secukupnya
  • Soklin lantai secukupnya
  • Rinso bubuk secukupnya
  • Rinso cair secukupnya
  • Alat pengaduk (bisa dengan mixer, sendok, atau tangan)
  • Wadah tempat slime (berupa baskom atau lainnya)
  • Air secukupnya

Langkah-langkah:

  • Campurkan lem povinal, soklin lantai, rinso bubuk, rinso cair, dan air secukupnya di wadah slime, campuran ini disebut activator.
  • Aduklah campuran tersebut.
  • Tambahkan lem povinal di tempat campuran activator.
  • Aduklah lagi jadi bahan menggumpal.
  • Masukkan ke dalam freezer 5-10 menit.
  • Keluarkan sesudah 5-10 menit.
  • Aduklah lagi hingga kira-kira bisa dimainkan.
  • Slime siap dipakai.

Kini kamu mempunyai slime yang aman tanpa memakai borax. Slime sangat popular di kalangan anak-anak saat ini.

Dengan membuat slime sendiri, pengetahuan dan kreativitas kita bakal bertambah. Disisi lain juga bisa menghemat anggaran dan memperoleh slime yang aman bila terkena kulit.

7. Cara Membuat Es Krim


Sebetulnya banyak es krim terjangkau yang dipasarkan di supermarket, tetapi apa salahnya kita mencoba membuat sendiri es krim, barang kali rasanya lebih enak.

Alat dan bahan:

  • Es batu
  • Susu cair coklat
  • Garam
  • 2 kantong plastik klip yang ukuran tidak sama: 1 kantong plastik dengan ukuran kecil dan 1 kantong plastik dengan ukuran dua kali lebih besar dari yang kantong plastik yang pertama

Langkah-langkah:

  • Tuangkan susu cair ke dalam kantong plastik kecil Lalu tutup dengan rapat.
  • Masukkan es batu serta garam ke dalam kantong plastik kantong ukuran besar.
  • Masukkan kantong plastik kecil yang berisi susu cair tadi ke kantong plastik besar.
  • Kemudian kocok selama beberapa menit.

Sesudah semua tahapan diatas sudah diperbuat, maka susu cair bakal berubah menjadi padat, itulah yang bakal kamu nikmati.

Sesudah mencobanya, nyatanya membuat es krim tidak terlalu sulit dan tidak mahal. Kita bisa mengisi waktu luang dengan membuat es krim yang enak di rumah.

8. Cara Membuat Nasi Goreng


Setiap hari pastinya kita makan nasi, sebab inilah makanan pokok rakyat Indonesia. Nasi bisa menjadi bahan olahan untuk membuat beberapa makanan lezat, contohnya nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, dan lainnya.

Kamu bisa membuat nasi goreng sendiri di rumah dengan membaca contoh teks rekaman percobaan mengenai makanan.

Alat dan bahan:

  • Nasi putih (2 piring)
  • Telur (3 butir / sesuai selera)
  • Merica (sesuai selera)
  • Bawang putih (2 siung)
  • Daun bawang (1 batang)
  • Cabai rawit (sesuai selera)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Bawang merah (3 siung)
  • Saus tomat (secukupnya)
  • Pelengkap (daging ayam, sosis, bakso, udang / sesuai selera)

Langkah-langkah:

  • Siapkan wajan dan beri minyak goreng secukupnya, lalu panaskan api dengan api sedang.
  • Sesudah minyak panas masukan bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang dan memunculkan aroma harum.
  • Masukan bahan pelengkap sesuai selera, aduk hingga merata dan matang.
  • Masukan telur dan orak-arik hingga matang.
  • Masukan nasi putih dan aduk hingga tercampur dengan semua bahan.
  • Tambah saus tomat, garam, merica hingga semua tercampur rata.
  • Apabila telah tercium aroma harum dan sudah matang, angkat nasi dan hidangkan di atas piring.
  • Supaya nasi goreng telur spesial tampak hebat sebagusnya hias dengan irisan tomat, timur, atau selada.
  • Nasi goreng siap disantap.

Dengan ini kamu bisa membuat nasi goreng sendiri tanpa membelinya di warung pinggir jalan. Pastinya bakal lebih menghemat.

Nasi goreng ini bisa dinikmati sebagai menu makan malam dengan keluarga maupun kawan-kawan. Pastinya ini asik bukan.

9. Cara Membuat Kembar Mayang


Kembar mayang ialah sepasang hiasan dekoratif simbolik dengan tinggi setengah hingga tingginya satu tubuh manusia yang dilibatkan dalam upacara perkawinan budaya Jawa, terutama sejak sub-upacara midodareni hingga panggih. Kembar mayang biasanya dibawa oleh pria dan mengantarkan sepasang cengkir gading yang dibawa oleh sepasang gadis. Nah kini bakal di lampirkan proses gimana membuat kembar mayang ini. Kegiatan ini berguna untuk mengasah keterampilan kita sebagai seorang pemula.

Alat dan bahan:

  • Berikut ini alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kembar mayang sederhana :
  • Gunting
  • Pisau
  • Stapler
  • Batang pisang
  • Janur

Adapun cara pembuatan kembar mayang sederhana ialah contohnya berikut :

  • Siapkan gedebong pisang yang nantinya bakal di tancapi oleh janur.
  • Ambil janur yang tetap segar.
  • Gunting janur tersebut sesuai dengan pola yang diinginkan.
  • Ulangi proses diatas untuk beberapa helai janur.
  • Sesudah siap semua tancapkan janur tersebut pada gedebog pisang yang sudah di siapkan tadi.
  • Gunakan stepler saat menggabungkan janur disebelahnya.
  • Susun janur sedemikian rupa.
  • Ulangi kegiatan di atas hingga memenuhi gedebog pisang.
  • Terbaru, beri bunga dibagian atas kembar mayang.

Sesudah berakhir melewati langkah-langkah tersebut, saat ini kembar mayang siap untuk di pajang pada pelaminan atau hanya sekadar untuk hiasan sebab ini merupakan kembar mayang yang sederhana.

Kembar mayang mempunyai kualitas hemat yang tinggi. Kita bisa memanfaatkannya untuk usaha sampingan. Hasilnya juga lumayan. Kita tidak harus sulit-sulit mencari siapa yang bakal membutuhkan kembar mayang, lumayan ikut salon atau dekorasi pengantin

10. Membuat Tempat Pensil Resleting


Alangkah indahnya ketika kita bisa membuat tempat pensil yang unik dan menarik. Memang di pasaran saat ini banyak sekali tempat pensil yang lucu dan bagus, tapi sayang harganya memang sedikit mahal. Pada Teks Rekaman Percobaan ini, saya akan memberikan cara membuat tempat pensil resleting dengan mudah, dan bahan yang mudah di dapat serta murah. Selain dapat menjadi tempat pensil, tempat pensi resleting ini juga dapat menjadi hiasan di rumah kita, yang dapat semakin mempercantik rumah kita. Sebelum membuatnya, siapkan alat dan bahannya.

Alat dan bahan :
- Botol plastik bekas (2 buah)
- Resleting (ukuran celana)
- Lem tembak
- Solder / setrika
- Kain perca

Kemudian ikuti langkah – langkahnya :
1. Siapkan 2 buah botol plastik bekas yang berukuran sama. Potong bagian bawah kedua botol tersebut dengan mengikuti bagian garis putus-putus berwarna merah.
2. Sebelum digunakan, haluskan terlebih dahulu kedua bekas potongan botol yang masih kasar menggunakan solder / setrika dengan tingkat panas yang medium.
3. Potong kain perca dengan ukuran 5cm x 5cm (untuk menyambung resleting). Kemudian lipat dan rekatkan pada kedua ujung resleting dengan lem tembak sehingga membentuk lingkaran. Sesuaikan lingkaran resleting dengan lingkaran ujung botol.
4. Untuk menambahkan aksen tali, potong kain dengan ukuran 4cm x 8cm. Lipat dan rekatkan dengan lem tembak. Rekatkan aksen tali pada sambungan resleting.
5. Beri lem tembak pada bagian dalam dekat potongan botol B (wadah tempat pensil), lalu tempelkan dengan salah satu sisi resleting. Lakukan hal yang sama pada botol A (tutup tempat pensil) dengan sisi resleting yang satunya.

Setelah selesai membuatnya, maka tempat pensil resleting siap untuk di gunakan. Sekarang kita bisa menaruh pensil dan peralatan sekolah yang lainnya di tempat pensil resleting tersebut. Tempat pensil releting ini pun bisa di bawa kemana – mana atau kita taruh di rumah kita dengan posisi berdiri untuk mempercantik rumah kita.

Saat ini banyak sekali botol – botol bekas yang tidak terpakai. Tapi sayang, banyak orang yang tidak bisa memanfatkannya. Kita sebagai penerus bangsa, harus bisa memanfaatkan benda – benda yang tidak terpakai di sekitar kita, agar sampah botol tidak banyak di bumi kita ini. Dengan cara membuat tempat pensil resleting ini, maka kita bisa mengurangi sampah dan mengirit uang yang kita punya.


Itulah 10 Contoh Teks Rekaman Percobaan Beserta Strukturnya, semoga dapat membantu tugas bahasa indonesia kamu tentang teks rekaman percobaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Contoh Teks Rekaman Percobaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel