10 Alat Kebersihan Yang Wajib Tersedia Di Rumah



10 Alat Kebersihan Yang Wajib Tersedia Di Rumah


Bersih pangkal sehat, kebersihan adalah sebagian dari iman, dan masih banyak lagi slogan-slogan yang menunjukkan bahwa kebersihan itu sangatlah penting. Mulai dari bersih diri sendiri, keluarga, rumah, lingkungan sampai lingkungan yang lebih besar.

10 Alat Kebersihan Yang Wajib Tersedia Di Rumah

Ada beberapa alat kebersihan yang biasa kita miliki dan mungkin kita anggap sepele, namun ternyata wajib tersedia di rumah. Berikut adalah 10 Alat Kebersihan yang Wajib Tersedia Di Rumah kamu.

1. Sikat

Sikat adalah salah satu alat kebersihan yang wajib tersedia di rumah. Varian sikat ada berbagai macam, mulai dari yang tidak bertangkai, bertangkai pendek, hingga sikat yang bertangkai panjang. Setiap varian sikat lantai memiliki keunggulan masing-masing, seperti sikat bertangkai panjang sangat cocok untuk menyikat lantai dan tidak membuat pegal namun sulit menjangkau bagian sudut. Untuk menjangkau lebih banyak bagian, sikat tidak bertangkau direkomendasikan untuk kamu, namun kamu harus berjongkok saat menggunakannya. Ada baiknya kamu menyediakan semua macam sikat agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

2. Sikat Gigi

Selain digunakan untuk menjaga kebersihan gigi, sikat gigi dapat digunakan untuk membersihkan tempat-tempat atau bagian yang lebih spesifik yang sulit dijangkau, seperti sela-sela keramik atau wastafel. Kamu bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk menyikat sudut-sudut yang tidak bisa atau sulit dibersihkan dengan sikat biasa. Bentuknya yang kecil cocok untuk menyikat sudut-sudut tersembunyi.

3. Lap

Lap merupakan alat kebersihan yang wajib kamu miliki di rumah. Benda satu ini diperlukan untuk membersihkan bagian permukaan dari berbagai perabotan, seperti meja, kursi, perabot elektronik, pajangan sampai membersihkan air yang tumpah di lantai. Kamu bisa menyediakan lap dari berbagai  bahan sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Spons

Alat kebersihan satu ini digunakan untuk mencuci piring dan dapur. Mempunyai dua sisi yang berlawanan, yaitu halus dan kasar. Bagian halus dapat digunakan untuk membersihkan benda atau perabotan yang mudah dibersihkan atau yang tidak boleh tergores, sedangkan bagian kasar dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang agak sulit dibersihkan seperti wajan yang menghitam atau lumut yang ada di gayung.

5. Kemoceng

Kemoceng biasanya terbuat dari bulu ayam, namun ada juga yang terbuat dari plastik tali rapia. Alat ini digunakan untuk membersihkan debu dan sarang laba-laba yang terdapat di meja, atas lemari, hingga langit-langit rumah yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan lap.

6. Sapu

Sapu adalah salah satu alat kebersihan yang wajib ada di rumah kamu. Alat kebersihan pertama yang harus ada ya sapu ini. Sapu berguna untuk membersihkan lantai dari debu dan kotoran. Dulu sapu terbuat dari ijuk, namun sekarang sapu berkembang menggunakan olahan plastik yang menyerupai rambut sapu. Hal ini lebih ergonomis dari sapu ijuk yang pembuatannya yang tidak mudah dan sering “rontok”.

7. Sapu lidi

Meskipun ada sapu biasa, sapu lidi tidak boleh ketinggalan. Sapu lidi ini biasanya digunakan untuk menyapu halaman. Selain itu, sapu lidi yang lebih tipis biasanya digunakan untuk menghilangkan debu dan kotoran pada tempat tidur dan sofa.

8. Sikat Toilet

Untuk menjaga kebersihan toilet tetap terjaga, kita wajib menyediakan sikat toilet di rumah. Sikat ini biasanya berbentuk membulat dengan gagang pendek yang digunakan untuk membersihkan lubang toilet.

9. Penyedot Debu

Untuk membersihkan sudut-sudut atau bagian yang sulit dibersihkan dengan sapu, sapu lidi ataupun sikat gigi, seperti karpet, sofa, tempat tidur maupun mobil, kamu harus menggunakan penyedot debu.

10. Lap Pel

Menggunakan lap biasa untuk mengepel lantai akan terasa lebih sulit karena harus menunduk, oleh karena itu kamu wajib menyediakan lap pel.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Alat Kebersihan Yang Wajib Tersedia Di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel