10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia


10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia


Jika disuruh membayangkan terminal mungkin banyak di antara kita yang membayangkan tempat kumuh, bau, banyak pedagang asongan, pengemis, pencopet, preman dan lain-lain. Selama ini terminal memang memiliki image buruk seperti itu, namun 10 terminal berikut ini akan merubah pandangan kamu tentang terminal.

Untuk kamu yang hobby traveling, terutama yang suka naik bus, 10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia ini wajib kamu kunjungi dan buktikan seberapa baik terminal-terminal ini.

10. Terminal Mengwi, Bali

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal satu ini merupakan terminal yang menghubungkan pulau Bali dengan Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Terminal tipe A yang ada di Badung ini memiliki konsep bangunan yang megah yang tak kalah dengan terminal-terminal yang memiliki kemegahan serupa.

9. Poris Plawad, Banten

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal Poris Plawad terletak di kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Indonesia. Saat ini terminal ini sedang dibangun menjadi terminal dengan konsep Transit Oriented Development (TOD).

Rencananya terminal ini akan mengintegrasikan beragam moda transportasi dan pemukiman. Selain itu akan dibangun tiga tower dengan masing-masing lantai yang memiliki konsep tersendiri.

8. Terminal Inter-Transit, Pontianak

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal Inter-Transit atau Terminal Antar Negara yang terletak di Sungai Ambawang, Pontianak ini menjadi terminal penghubung Indonesia dan Malaysia. Terminal tipe A ini memiliki bangunan yang sangat megah dan indah. Terdapat tiang totem raksasa dengan motif Dayak berwarna-warni menyambut kamu saat kamu memasuki carpark yang luas.

7. Terminal Giwangan, Yogyakarta

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal Ghiwangan merupakan terminal angkutan umum yang terletak di kota Yogyakarta, tepatnya di Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta, dekat perbatasan antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Bantul.

Terminal ini dibangun untuk menggantikan Terminal Umbulharjo. Terminal Giwangan merupakan salah satu terminal tipe A terbesar di Indonesia selain Terminal Pulo Gebang yang merupakan tempat singgah bus dari seluruh kota besar di Sumatra, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Setiap harinya sekitar 20.000 penumpang singgah di terminal ini. Teminal ini memiliki tampilan yang rapi dan indah, pelayanannya juga bagus.

6. Terminal Leuwipanjang, Jawa Barat

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal Leuwipanjang merupakan satu dari dua terminal besar transportasi darat antar kota yang utama di Bandung, Jawa Barat. Terminal yang melayani trayek ke berbagai kota di Jawa Barat dan Jakarta ini dibangun untuk menggantikan Terminal Kebon Kelapa.

Kamu akan betah menunggu bus di terminal ini, ada taman yang sangat asri dan sejuk di sediakan untuk para penumpang bus. Ada perosotan untuk anak-anak serta tulisan 3D untuk kamu yang suka berfoto. Petugas kebersihan pun dengan sigap membersihkan sampah yang ada.

Tidak hanya bagian depan, di dalam terminal juga disulap sedemikian rupa menjadi tempat yang sejuk dan nyaman. Banyak tanaman yang ditempel di dinding dan tanaman agroponik di beberapa sudut terminal. Selain itu, di depan ruang kontrol utama petugas ada tujuh titik gambar tiga dimensi yang kerap dijadikan objek foto calon penumpang, di sepanjang dinding jalan terminal terdapat mural yang berwarna-warni.

Terminal Leuwipanjang juga dilengkapi taman bacaan dan ruang laktasi. Untuk pengamen, mereka diberi panggung khusus loh..

5. Terminal Bulupitu, Purwokerto

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal satu ini dijuluki sebagai terminal paling humanis. Kenapa? Karena di terminal ini kamu masih bisa mendapati anak-anak yang bermain ayunan dan perosotan pada pukul 10 malam. Terminal Bulupitu dipadukan dengan ruang terbuka hijau untuk publik, ada juga taman payung dan taman lalu lintas di dalam terminal. Selain fasilitas-fasilitas tersebut, lingkungan terminal ini bersih dan rapi membuat calon penumpang betah berlama-lama di sini.

4. Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Pekanbaru

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal yang ada di Pekanbaru ini memiliki bangunan yang sangat keren, tak terlihat seperti terminal, melainkan seperti bandara. Tak ada kesan kotor dan kumuh di terminal ini. Toilet bersih, mushola, kios makanan, ruang informasi, warung telepon, dan penitipan barang. Buat kamu yang datang kemalaman, kamu bisa menemukan penginapan di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki. Walaupun kapasitasnya hanya 50 orang, penginapan di sini dibagi dari kelas VIP dan kelas ekonomi dengan tarif yang beragam.

3. Terminal Purabaya, Surabaya

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal rasa bandara, inilah julukan terminal satu ini. Terminal Purabaya disebut-sebut sebagai terminal paling canggih di Indonesia. Bisa dilihat dari adanya CCTV, papan digital penunjuk jadwal keberangkatan bus dan kartu pintar yang dipasang pada armada-armada bus. Terminal ini mengacu pada konsep bandara Convenience and Care Terminal (C2 Terminal) yang meliputi kenyamanan, aman, bersih, asri, rekreatif, hiburan, dan teknologi. Terminal Purabaya juga memiliki shelter bus Bandara Juanda yang akan mengantarkan penumpang menuju bandara dengan fasilitas bus full AC.

2. Terminal Pulo Gebang, Jakarta

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal yang disebut-sebut sebagai terminal terbesar se Asia Tenggara ini terletak di pinggir Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR/ Jalan Tol Lingkar Luar), Jakarta Timur. Terminal Pulo Gebang memiliki ciri khas atap berwarna biru yang mudah dikenali. Terminal ini dibagi menjadi empat gedung, gedung A untuk istirahat supir dan awak bus, gedung B untuk ruang tunggu penumpang, gedung C untuk komersial dan penjualan tiket, sementara gedung D untuk area keberangkatan dan kedatangan bus TransJakarta.

Terminal Pulo Gebang menyediakan banyak fasilitas demi kenyamanan pengunjung, seperti ruang menyusui, ruang baca, masjid, tempat parkir dan juga pengelolaan lingkungan hidup. Kamu juga bisa menemukan 10 unit lift, 20 eskalator, 81 toilet, 71 unit CCTV dan 54 unit TV plasma di terminal ini.

1. Terminal Bus Tirtonadi, Solo

10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia

Terminal bus satu ini akan membuat kamu yang pertama kali ke sini merasa tidak berada di terminal, tetapi berada di bandara. Kenapa? Terminal yang sebelumnya kumuh ini disulap menjadi terminal mewah bak bandara. Petugas berseragam rapi, tempat duduk berjejer, AC, sistem e-ticketing serta Wi-Fi gratis akan membuat kamu betah berlama-lama menunggu bus di terminal ini.

Pemerintah juga mengoptimalkan keamanan dan kenyamanan terminal yang juga disebut sebagai sarang pencopet ini. Kini saking amannya, wanita pun dapat menunggu bus malam-malam tanpa rasa takut.

Bagaimana menurut kamu? Tambahkan terminal bus yang menurut kamu lebih baik dari 10 Teminal Bus ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Terminal Bus Terbaik Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel