10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia


Musik adalah salah satu seni yang hampir semua orang menyukainya. Setiap orang menyukai genre atau aliran musik berbeda-beda sesuai dengan selera mereka. Tapi tahukah kamu, ternyata musik mempunyai banyak sekali aliran, tidak hanya pop, rock atau dangdut.

Genre musik dibagi berdasarkan fungsinya, secara garis besar musik dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu musik seni, musik populer dan musik tradisional. Dari semua jenis musik, berikut adalah 10 Genre Musik Terpopuler.

10. Musik Blues

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Musik Blues merupakan sebuah aliran instrumental dan musik vokal yang berasal dari penduduk Afro-Amerika. Nama Blues berasal dari konotasi perasaan frustasi dan melankolis yang terlahir dari musik-musik pujian dan spiritual yang muncul dari kalangan bekas budak-budak Afrika yang tinggal di Amerika.

Musik Blues selanjutnya berkembang dengan pola “Call dan Respone". Call yaitu instrument gitar dan respone adalah penyanyi. Jenis seni musik ini terbagi menjadi empat bagian utama, yakni : 
  • Delta Blues, yaitu gaya asli Blues yang berasal dari daerah Delta Mississippi.
  • Chicago Blues, merupakan gaya yang memperkenalkan mikrofon untuk vokal dan amplifier dan instrument listrik pada suara Blues.
  • Texas Blues, hampir mirip dengan Chicago Blues dalam hal instrument, namun ditambahkan sentuhan Texas.
  • Blues Rock, adalah gaya yang paling muda dari jenis seni musik Blues. Blues Rock terinspirasi dari Chicago dan Delta Blues. Musisi yang terkenal dengan gaya ini diantaranya Rolling Stones, Creedence Clearwater dan The Doors.
  • Dalam perkembangannya, musik Blues banyak mempengaruhi berbagai macam genre musik, seperti Ragtime, Pop, Jazz, Big Band, Country dan Rhythm And Blues.

9. Musik Hiphop

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Musik Hiphop merupakan perpaduan dari rapping, DJing, Breakdance dan Graffiti. Hiphop lahir pada tahun 1970-an dari kalangan Afro-Amerika dan Amerika Latin.

Awalnya, Hiphop hanyalah musik dari DJ yang membuat variasi dengan memutar disk sehingga menciptakan bunyi yang unik. Selanjutnya Rapping dan koreografi tarian patah-patah atau breakdance masuk. Musisi Hiphop yang terkenal diantaranya yaitu Nate Dogg, Snoop Dogg dan Ludacris.

8. Musik Klasik

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Jika mendengar kata musik klasik kita pasti teringat akan komponis-komponis yang melegenda yaitu Mozart dan Beethoven. Tetapi, musik klasik sendiri sebenarnya sudah ada jauh sebelum para legenda musik klasik ini ada.

Dalam perkembangan musik klasik terdapat beberapa periode yang melatarbelakanginya, diantaranya:
  • Zaman Pertengahan (476-1450)
  • Zaman Renaisans (1450-1600)
  • Zaman Barok (1600-1750)
  • Zaman Klasik (1740-1830)
  • Zaman Romantik (1815-1910)

Dari periode di atas, yang memberikan perkembangan paling besar dalam sejarah musik klasik yaitu Zaman Klasik. Di zaman ini lah Phillip Emanuel Bach, Ludwig van Bethoven dan Wolfgang Amadeus Mozart lahir.

Tidak hanya harmoni nadanya yang indah dan menenangkan, musik klasik juga dikenal mempunyai banyak manfaat bagi pendengarnya, seperti meningkatkan kualitas tidur, mampu menaikkan mood, relaksasi, bahkan dapat mengobati sakit kepala dan menyuburkan bunga.

7. Musik Rhythm And Blues (R&B)

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Musik Rhythm and Blues atau yang lebih dikenal dengan R&B merupakan gabungan dari genre Jazz, Blues dan Gospel. Pada awalnya, genre ini hanya ditujukan untuk pendengar kulit hitam. Nama Rhythm and Blues sendiri dibuat sebagai istilah pemasaran agar tidak dianggap rasis.

Periode awal musik R&B berfokus pada ritme boogie dengan musisi ternama seperti Bo Diddley dan Chuck Berry. Seiring perkembangannya muncullah genre-genre baru. Musik R&B kontemporer mengalami perubahan dengan beralih fokus pada unsur pop, meskipun elemen jazz, gospel dan blues terkadang masih tetap muncul.

Dari waktu ke waktu, kesan genre R&B sebagai musik kalangan kulit hitam semakin memudar dengan menyebarnya ke seluruh dunia.

6. Musik Reggae

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Musik Reggae berasal dari Jamaika dengan ciri khas ritme backbeat dan progresif kord sederhana. Musik ini mirip dengan gaya musik ska dan rocksteady. Selain itu genre ini mengadopsi musik Jazz, R&B dan Jamaican Mento.

Amerika Serikat dan Jamaika mengakui Reggae sebagai aliran musik tersendiri pada tahun 1960an. Musik Reggae sering dianggap sebagai jiwa muda, rude boys atau anak laki-laki kasar dan pemberontakan. Musisi musik Reggae yang terkenal diantaranya Bob Marley, Prince Buster, Desmond Dekker dan Jackie Mittoo.

5. Genre Musik Rock

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Musik Rock lahir pada pertengahan tahun 1950-an dari kombinasi genre musik R&B, Country, Jazz, Klasik serta folk music.

Rock dikenal dengan ciri khas vokal, gitar, drum, keyboard maupun synthesizer. Dalam beberapa dekade, Rock terbagi menjadi sub-genre baru seperti soft rock, glam rock, hard rock, progressive rock, punk rock dan alternative rock. 

4. Musik Techno

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Musik techno atau lebih dikenal dengan Electronic Dance Music (EDM) lahir sekitar tahun 1980 di Detroit. Pada awalnya musik ini dibentuk sebagai bentuk tari dan musik pesta.

Seperti namanya, genre musik ini mengedepankan ragam suara dari teknologi dalam musiknya. Sebagian besar musik Techno merupakan kombinasi synthesizer, hentakan drum dan sequencer. Musisi EDM yang terkenal diantaranya adalah Carl Cox dan Richie Hawtin.

3. Genre Musik Jazz

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Musik Jazz lahir sekitar abad ke-20 di Amerika. Jazz merupakan improvisasi dari genre Ragtime, Blues, Brass Band, musik tradisional Eropa dan musik tradisional Afrika.

Genre music ini menggunakan instrument biola, piano, saksofon, bass, drum, gitar, trombone serta terompet. Perkembangan musik Jazz bisa dibilang menakjubkan, dari yang awalnya dihina bertransformasi ke dalam musik kelas atas.

2. Musik Pop

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Nama Pop diambil dari kata “Populer" dan merupakan genre musik yang paling easy listening. Jenis musik ini pertama kali muncul pada tahun 1918 dan mulai diterima di Amerika Serikat pada tahun 1920.

Di masa awalnya, musik pop hanyalah pengiring tarian tango yang bernada minor dan melankolis. Sampai di tahun 1940, musik Pop menjadi salah satu jenis seni musik yang digemari di seluruh dunia dengan irama seperti Rhumba, Samba, Salsa, Conga, Mambo dan yang lainnya.

Dalam perkembangannya, genre musik ini sering tumpang tindih dengan genre lain, karena banyak musisi Pop dimasukkan ke kategori rock, hiphop, country dan lain sebagainya.

1. Musik Dangdut

10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia

Dangdut merupakan genre musik yang berasal dari Indonesia. Genre musik ini memiliki nuansa India dan Melayu dengan menggunakan alat musik tradisional, terutama gendang dalam setiap pentasnya.

Pada awalnya Dangdut hanya dinikmati oleh masyarakat menengah ke bawah. Namun, seiring waktu genre musik ini sudah mulai dinikmati oleh semua kalangan dan mulai menyebar ke seluruh dunia. Musisi Dangdut yang terkenal diantaranya Roma Irama, A Rafiq dan Elvie Sukaesih.

Lihat juga: 10 Lagu Terbaik Billboard Oktober 2017

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Genre Musik Terpopuler Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel