10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia

10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia


10 Bali baru? Destinasi wisata baru di Bali? Atau tempat wisata baru yang disulap seperti Bali? Untuk yang baru mendengar 10 Bali baru mungkin berpikir demikian. Namun jawaban tersebut kurang tepat, 10 Bali baru adalah istilah yang digunakan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia. Istilah 10 Bali baru digunakan untuk member tekanan agar performa masing-masing destinasi wisata tersebut bisa seperti Bali yang dalam setahun dapat mendatangkan 4 juta wisatawan mancanegara, dan dari tahun ke tahun terus bertambah.

10 Bali baru ini memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda-beda dan tak kalah keren dari Bali. Apa saja destinasi wisata yang masuk dalam 10 Bali baru ini? Inilah wajah-wajah 10 Bali Baru yang siap menarik wisatawan di seluruh dunia.
   

10. Danau Toba, Sumatera Utara


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar Asia Tenggara. Di tengah danau terdapat pulau Vulkanik bernama Pulau Samosir yang terlihat seperti gunung saat dilihat dari kejauhan.

Danau vulkanik ini terbentuk akibat letusan Gunung Toba yang terjadi pada 78 ribu tahun lalu yang menghancurkan daerah sekitarnya serta menyisahkan sebuah kaldera yang saat ini berubah menjadi danau.

Gunung Toba tergolong sebagai Supervolcano. Tidak hanya Indonesia, namun seluruh dunia dilanda kegelapan saat gunung ini meletus.
    

9. Tanjung Lesung, Banten


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia


Dahsyatnya letusan Krakatau pernah meluluhlantahkan pesisir barat Banten dan menyebabkan adanya perubahan pada beberapa titik. Titik perubahan tersebut berada di area Teluk Slamadarang dan Tanjung Lesung. Akibat dari letusan tersebut menjadikan kawasan Tanjung Lesung memiliki kekayaan hayati yang luar biasa, baik di darat maupun di bawah laut.

Kawasan pantai Tanjung Lesung direncanakan akan menjadi resort internasional kelas satu yang menggabungkan nuansa Bali dengan Venesia. Dari keseluruhan luas area ini, kamu bisa melakukan berbagai aktifitas outdoor.

8. Morotai, Maluku Utara


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia

Salah satu pulau terluar di Indonesia ini menyimpan bukti sisa dari Perang Dunia II yang dapat ditemukan di daratan maupun di dasar laut. Kamu bisa menikmati sisa peperangan yang tersimpan di dasar laut berupa bangkai pesawat Bristol Beufort dengan panjang sayap 20 meter. Kamu juga dapat menemukan kerajinan besi putih dan aneka perhiasan dari sisa besi pada masa PD II.

Tak hanya itu, Morotai miliki 35 pulau kecil dan 2 pulau besar yang mempesona yang wajib kamu kunjungi. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Morotai, siap-siap kepanasan ya.. Saking panasnya, Morotai dijuluki sebagai pulau 3 matahari.

7. Belitung, Bangka Belitung


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia

Dulunya Belitung bernama Kau-Lan. Penduduk asli Belitung adalah keturunan Mongol. Sejarah dinasti Yuan telah mencatat sebuah kisah pelayaran armada Mongol yang dipimping oleh Shi Bi, Ike Mese dan Gao Xing untuk menaklukkan Jawa atas perintah kaisar Kubilai Khan pada tahun 1292.

Belitung merupakan pulau penghasil timah terbesar di Indonesia. John Francois Loudon merupakan orang Belanda pertama yang di percaya oleh Prins Hendrik yang menemukan dan merintis penambangan timah Belanda di Belitung pada tahun 1851.

Selain itu, Belitung merupakan penghasil batu Satam Hitam satu-satunya di gunia. Batu ini terbentuk dari proses alam hasil dari reaksi tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah jutaan tahun lalu.

Ada banyak destinasi wisata di Belitung, mulai dari pantai-pantai yang sangat cantik hingga danau Kaolin yang sangat unik.

6. Kepulauan Seribu, Jakarta


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia


Kepulauan Seribu memiliki ratusan gugus pulau dengan pantai-pantai yang sangat indah. Jumlah pulau yang ada dalam kawasan Kepulauan Seribu mencapai 342 pulau dengan luas mencapai 8,7 km persegi.

Beberapa pulau yang lokasinya lebih dekat ke Jakarta memiliki beberapa peninggalan bersejarah, seperti reruntuhan benteng, sisa reruntuhan rumah sakit yang dulu digunakan untuk karantina haji, dan beberapa makam kuno. Beberapa pulau di Kepulauan Seribu pun didaulat sebagai cagar budaya, diantaranya Pulau Kelor, Pulau Cipir dan Pulau Onrust.

Kawasan Kepulauan Seribu juga termasuk dalam bagian dari taman nasional Kepulauan Seribu (TNKpS).  Terdapat empat ekosistem utama pembentuk sistem ekologis kawasan TNKpS, yaitu: hutan pantai, hutan mangrove, padang lamun dan terumbu karang.

Di salah satu pulau di TNKpS, yaitu Pulau Putri terdapat akuarium bawah laut. Akuarium ini adalah perahu dengan bagian bawah terbuat dari kaca. Sangat pas buat kamu yang ingin menyelam namun nggak bisa berenang.

Baca juga: Liburan Ke Bali Yuk! Ini Dia 10 Tempat Wisata Terbaik Di Bali

5. Candi Borobudur, Jawa Tengah


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia


Candi Borobudur ditemukan oleh Gubernur Jenderal Inggris Raffles saat menjajah Indonesia. Borobudur diartikan Raffles dalam 3 versi, Borobudur yang bermakna Buddha Agung (Boro=Agung, Budur=Buddha), sebagai tempat kuno (Boro=nama daerah, Budur=kuno), dan berarti banyak Buddha (Boro=Banyak, Buddur=Buddha). Situs Direktorat Jendral Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengartikan Borobudur sebagai pohon kehidupan yang subur di sekitar candi.

Salah satu candi terbesar di dunia ini tersusun dari tumpukan batu balok vulkanik tanpa bahan perekat. Total relief yang ada di candi Borobudur berjumlah 2672 dari 1212 relief dekoratif dan 1460 relief kisah.

Borobudur merupakan destinasi wisata, religi sekaligus sejarah yang sayang untuk dilewatkan.

4. Mandalika, Nusa Tenggara Barat


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia

Mandalika merupakan sebuah daerah di Lombok yang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Di kawasan ini terdapat Sirkuit Balapan MOTO GP bertaraf Internasional yang akan menjadi sirkuit pertama di dunia yang menawarkan keindahan pesona alam indah, solar cell farm, lapangan golf, area komersial, dan pemandangan Samudra Hindia.

Nama Mandalika diambil dari nama seorang putri dari cerita daerah setempat yang rela berubah menjadi mahluk Nyale agar tidak diperebutkan para pangeran dan menimbulkan peperangan.

Mandalika memiliki pantai-pantai indah seperti di Bali, ada Pantai Gepuruk, Serenting, Pantai Tanjung, Pantai Aan dan pantai-pantai lainnya.

3. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia


Labuan Bajo berasal dari kata Labuan yang berarti ‘tempat berlabuh’ dan Bajo berarti ‘suku Bajo’. Menurut kisah daerah, Labuan Bajo dulunya adalah tempat di mana Suku Bajo berpindah dari Flores.

Meskipun hanya desa, namun Labuan Bajo memiliki Bandara Internasional yang terletak di Kota Labuan Bajo. Tidak heran karena di desa ini terdapat puluhan destinasi wisata yang epic dan bertaraf internasional. Diantaranya yaitu Pantai berpasir pink yang hanya ada 8 di dunia, Taman Nasional Komodo, Gua Batu Cermin, serta Puncak Waringin.

2. Taman Nasioal Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia

Keberadaan 25 gugusan terumbu karang dan kedalamannya menjadikan Wakatobi dikenal hingga mancanegara. Wakatobi bahkan pernah masuk dalam Ajang Pameran Pariwisata Terbesar ITB Berlin (Internationale Tourismus-Börse Berlin).

70 persen dari total spesies karang atau coral di dunia berada di dasar laut Wakatobi. Di kedalaman Wakatobi terdapat 396 spesies karang yang terdiri dari 31 spesies karang fungi (mushroom), 10 spesies karang keras non scleractinia atau ahermatipic, 28 jenis karang lunak serta sisanya karang Scleractinia hermatipic. Selain itu, ada 590 spesies ikan yang hidup di perairan Wakatobi, termasuk 5 jenis paus dan 6 jenis lumba-lumba.

1. Gunung Bromo, Jawa Timur


10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia


Gunung Bromo dulunya merupakan Gunung Tengger. Setelah terjadi letusan kecil yang mengakibatkan munculnya kaldera besar dengan diameter sekitar 8 km, terbentuklah lorong magma yang kemudian memunculkan deretan gunung lain di antaranya Gunung Widodaren, Gunung Watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo. Gunung Bromo sendiri masuk dalam kawasan Tengger yang dihuni oleh suku asli yaitu Suku Tengger.

Penduduk suku asli Gunung Bromo ini disebut sebagai keturunan dari pengungsi Majapahit. Mereka meyakini Gunung Bromo merupakan Gunung Brahma, sehingga gunung ini dianggap sebagai gunung suci.

Setiap tahunnya, digelar upacara Yadnya Kasada atau Kasodo di Gunung Bromo. Upacara digelar pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa. Biasanya upacara ini diadakan di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo dan dilanjutkan ke puncak Bromo.

Bromo termasuk salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Ada banyak destinasi yang sangat cocok buat kamu yang suka fotografi atau selfie.

Lihat Juga: 10 Tempat Wisata Dunia Yang Wajib Kamu Kunjungi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Bali Baru, Wajah Baru Pariwisata Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel