Bahagiakan Orang Tua Dengan Melakukan 10 Hal Ini

Bahagiakan Orang Tua Dengan Melakukan 10 Hal Ini

Membahagiakan orang tua adalah impian semua orang. Sudah menjadi kewajiban setiap anak untuk membalas setiap jasa orang tua dengan cara membahagiakannya. Namun terkadang apa yang kita lakukan belum membuat orang tua kita bahagia. Memberi uang yang banyak namun tidak memperhatikan mereka bukanlah hal yang mereka inginkan, karena kebahagian tidaklah bisa dibeli dengan uang. Terkadang hal-hal yang kecil yang kita anggap remeh itulah yang dapat membahagiakan mereka.

Bahagiakan Orang Tua Dengan Melakukan 10 Hal Ini

Lalu apa saja yang dapat kita lakukan untuk membahagiakan orang tua kita? Berikut adalah 10 hal yang dapat kamu lakukan untuk membahagiakan orang tua kamu.

1. Jadi Orang Baik

Tidak ada orang tua yang tidak menginginkan anaknya menjadi orang baik. Baik di sini artinya mematuhi setiap perkataan yang baik dari orang tua, dapat berguna untuk masyarakat, taat terhadap peraturan, norma sosial serta aturan agama dan menjauhi semua hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang banyak. 

Orang tua akan merasa sangat bahagia jika anak yang mereka besarkan menjadi orang yang baik dan dapat membanggakan mereka. Mereka dapat hidup dengan tenang karena sudah yakin anaknya mampu merawat diri sendiri. Oleh karenanya, setiap kali kamu tergoda dan berniat untuk melakukan hal-hal yang buruk, ingatlah sosok kedua orang tua kamu. Ingatlah kasih sayang dan pengorbanan yang sudah mereka lakukan untuk membesarkanmu dengan harapan kamu dapat menjadi orang yang baik dan berguna untuk sesama.

2. Jadi Orang Sukses

Harapan semua orang tua membesarkan dan menyekolahkan anak mereka setinggi mungkin adalah untuk melihat anaknya menjadi orang sukses. Tidak hanya sukses di pendidikan, namun juga dapat sukses di segala bidang seperti dalam bidang karir, kehidupan rumah tangga, maupun kehidupan spiritual. Untuk itu, berusahalah untuk mewujudkan keinginan kedua orang tua dengan menjadi orang sukses disetiap bidang yang kamu jalani, tidak hanya untuk orang tua namun juga untuk diri sendiri.

3. Selalu Ingat Mereka

Hal ini sangatlah penting, terutama apabila kamu sudah memiliki kehidupan sendiri dan jauh dari orang tua. Janganlah sekalipun melupakan mereka, sering-seringlah menelepon dan member kabar agar orang tua merasa tenang, tidak khawatir dan merasa diperhatikan. Jangan sampai orang tua mengira ponsel mereka rusak karena tidak bisa dihubungi. Luangkan juga waktu untuk pulang dan bertemu orang tua kamu. Tunjukkanlah pada mereka bahwa kamu masih dan selalu menganggap mereka sebagai orang yang penting di dalam hidup kamu.

4. Dengarkan Perkataan Mereka

Tak jarang kita merasa jengkel karena berbagai nasehat mereka yang dikatakan berulang-ulang atau berbagai petuah tentang hidup yang sudah sering diceritakan. Namun cobalah untuk menahan rasa kesal dan jengkel itu di dalam hati, karena di balik setiap nasehat tersebut tersimpan doa dan harapan mereka kepada kamu.

Tujuan orang tua memberikan nasehat juga tidak lain hanya untuk kebaikan kita. Walaupun saat ini nasehat mereka terasa sedikit menyebalkan, namun suatu saat nanti kita akan sangat merindukan nasehat-nasehat mereka.

5. Hibur Mereka

Meskipun terkesan tegar dan kuat, kita harus sadar jika orang tua kita juga manusia. Hanya saja mereka tidak ingin membuat anaknya merasa khawatir, sehingga mereka lebih memilih menyembunyikan perasaan mereka, walaupun sesulit apapun mereka tidak mengeluh. Disinilah kita sebagai anak yang baik harus menyadarinya.

Apabila kamu melihat tanda-tanda orang tua sedang bersedih, jangan ragu untuk menghiburnya. Ajak mereka bicara, dengarkan keluh kesah mereka, genggam tangannya dan peluklah mereka. Tindakan yang sepintas terlihat remeh ini sangat berarti bagi mereka dan membuatnya lebih semangat dalam menjalani hidup.

6. Jangan Berbohong

Orang tua sangat memahami anaknya, bahkan saat anak sedang berbohong mereka dengan mudah mengetahuinya. Terkadang karena tidak ingin membuat kita sakit hati, mereka berpura-pura tidak tahu jika kita sedang berbohong. Hal ini tentu saja membuat orang tua tersakiti hatinya sekaligus menjadi sangat khawatir.

Janganlah berbohong kepada orang tua, usahakan untuk selalu jujur walaupun menyakitkan. Karena kejujuran tidak akan lebih sakit daripada perasaan dibohongi oleh anak sendiri. Yakinlah orang tua kamu selalu memahami dan memaklumi setiap tindakan kamu.

7. Berterimakasih

Tindakan kecil yang sangat mudah dilakukan namun kerap dilupakan adalah berterimakasih. Memang, sebesar apapun perbuatan kita untuk berterimakasih kepada kedua orang tua kita tetap tidak akan bisa membalas semua pengorbanan dan kasih sayang yang sudah mereka berikan kepada kita. Oleh karenanya, hal yang paling penting dalam berterimakasih adalah ketulusan dan rasa kasih sayang.

8. Patuh

Hal ini terdengar mudah namun tidak mudah dilakukan. Kamu tidak perlu melakukan hal-hal yang besar untuk membuat orang tua bahagia, cukup patuh terhadap aturan-aturan dan nasehat yang mereka berikan akan membuat mereka sangat bahagia memiliki anak sepatuh kamu.

Cobalah pikirkan terlebih dahulu setiap kali kamu hendak membantah apa yang orang tua katakana, karena mereka selalu menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Tidak ada orang tua yang menjerumuskan anaknya sendiri.

9. Lakukan Sesuatu Tanpa Diminta

Kita mungkin sebal dengan orang tua yang sering menyuruh kita melakukan ini dan itu. Namun sebenarnya semua yang mereka perintahkan adalah untuk kebaikan kita sendiri. Coba pikirkan lagi dampak dari semua yang disuruh orang tua saat kita kecil terhadap kehidupan kita sekarang ini, mungkin kita tidak akan menjadi berhasil dan menjadi anak yang baik jika kita tidak melakukannya.

Sebenarnya orang tua kita juga merasa sedih ketika menyuruh anaknya melakukan hal-hal yang tidak ia sukai, tetapi demi kebaikan sang anak maka orang tua rela menahan rasa pedih di hatinya. Untuk itu, lakukanlah sesuatu tanpa diminta, lakukanlah tugas-tugas kita tanpa diperintah. Orang tua akan sangat merasa lega dan bahagia melihat anaknya yang patuh dan berbakti.

10. Hargai Prinsip Mereka

Setiap orang tua pasti memiliki prinsip dan nilai-nilai yang mereka anut. Prinsip tersebut bisa dalam hal agama, bisnis, hubungan dengan orang lain, belajar atapun bekerja. Orang tua pastinya merasa yakin bahwa prinsip yang mereka pegang tersebut benar dan dapat membawa kehidupan ke arah yang lebih baik. Orang tua juga ingin anaknya ikut menganut prinsip yang mereka yakini.

Hal yang sangat bagus jika kamu bisa mengikuti prinsip yang diajarkan oleh orang tua. Tetapi jika kamu tidak setuju dan tidak bisa menganutnya, maka setidaknya hargailah. Jangan menyerang secara terang-terangan prinsip yang dianut oleh mereka, karena hal tersebut dapat melukai hati mereka. Jika tidak setuju cukup diam, jalani apa yang kamu yakini dan cobalah untuk menghindari percakapan tentang hal ini di depan orang tua.

Lihat juga: 10 Tips Mempersiapkan Mental Sebelum Menikah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahagiakan Orang Tua Dengan Melakukan 10 Hal Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel