10 Tips Mengurangi Resiko Bahaya Radiasi Smartphone

10 Tips Mengurangi Resiko Bahaya Radiasi Smartphone


Saat ini manusia dan ponsel, terutama jenis smartphone tidak bisa dipisahkan.  Smartphone dapat mendekatkan yang jauh, namun juga dapat menjauhkan yang dekat. Kita juga dapat menjelajahi dunia melalui jari kita. Tapi, tahukah kamu bahwa ponsel terlebih lagi smartphone memiliki radiasi yang berbahaya untuk kesehatan kita?

10 Tips Mengurangi Resiko Bahaya Radiasi Smartphone


Penelitian menunjukan bahwa penggunaan smartphone dalam jangka waktu panjang dan terus menerus dapat menimbulkan penyakit kanker, tumor otak, alzheimer, parkinson, tuli, fatigue, impotensi pada pria serta sakit kepala. Tidak ingin terkena penyakit-penyakit ini bukan? Berikut adalah 10 Tips Mengurangi Resiko Bahaya Radiasi Smartphone yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan Speaker

Buat kamu yang suka menelpon atau ditelpon, gunakanlah speaker atau pengeras suara. Cara ini bisa menghindarkan tubuh kita, terutama kepala dari radiasi smartphone.

2. Jangan Menempelkan Ponsel di Telinga

Menempelkan ponsel di telinga dalam jangka waktu panjang dan terus menerus dapat meningkatkan resiko terkena kanker otak. Beri jarak sekitar 2 sampai 3 cm antara smartphone dan telinga kamu. Dengan cara inipun radiasi masih bisa masuk ke kepala, sebaiknya menelponlah seperlunya. Jika suara lawan bicara tidak terlalu jelas atau obrolan masih lama, lebih baik aktifkan speaker.

3. Gunakan Headset Wireless

Headseat atau headphone wireless (nirkabel) dapat menjadi pilihan yang efektif untuk menghindari radiasi ponsel yang masuk ke kepala tanpa mengganggu komunikasi. Namun, Bluetooth masih memancarkan gelombang radiasi meskipun kecil, oleh karenanya gunakan Bluetooth seperlunya.

4. SMS atau Chatting

Jika kamu ingin berkomunikasi, lebih baik kamu SMS atau chatting daripada menelpon. Radiasi yang ditimbulkan dari SMS atau chatting lebih rendah daripada telpon. Ini juga dapat menghindarkan kepala kita dari radiasi saat menelpon.

5. Gunakan Smartphone Saat Sinyal Kuat

Gunakanlah smartphone dalam kondisi sinyal terkuat. Semakin kuat sinyal, maka semakin sedikit frekuensi radio yang digunakan. Saat sinyal lemah, ponsel akan bekerja lebih keras untuk menangkap sinyal hingga jelas. Otomatis radiasi yang diakibatkan oleh frekuensi radio semakin besar.


6. Jangan Mengantongi Smartphone

Radiasi smartphone menimbulkan panas yang bisa mempengaruhi organ tubuh lain selain otak. Hasil penelitian menunjukan jika pria yang terlalu sering menyimpan smartphone di kantong celana atau di sekitar pinggang dapat mempengaruhi kualitas sperma dan mengurangi kesuburan. Penelitian lain juga membuktikan jika radiasi smartphone mampu meningkatkan resiko terkena kanker prostat. Selain itu, wanita yang sering menyimpan ponsel di kantong baju dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara, termasuk keguguran kandungan pada wanita hamil. Jika ingin berpergian, simpanlah smartphone di tas.

7. Jangan Menyimpan Ponsel di Bawah atau Samping Bantal

Kebiasaan ini kerap kali kita lakukan setelah menggunakan smarphone sebelum tidur. Meskipun sedang tidak digunakan, smartphone yang masih hidup/on masih memancarkan radiasi. Berdasarkan penelitian, orang yang sering menggunakan smartphone sambil tidur serta menyimpannya di bawah atau di samping bantal dapat mengalami gangguan mata, insomnia (susah tidur), tinnitus (seolah-olah mendengar dering telepon), kualitas tidur menurun dan migrain (sakit kepala).

8. Kurangi Menelpon di Dalam Gedung

Biasanya jika di dalam gedung sinyal lemah bahkan tidak ada. Jika kita menelpon saat di dalam gedung, smartphone akan bekerja keras untuk mencari sinyal sehingga gelombang radiasi yang dipancarkan semakin kuat.

9. Gunakan Ponsel Biasa

Ponsel biasa bukan smartphone memiliki radiasi yang rendah, ini dapat membantu kita mengurangi bahaya radiasi smartphone. Namun hal yang sulit jika kita hanya menggunakan ponsel biasa tanpa menggunakan smartphone. Untuk itu, jika memungkinkan, gunakanlah ponsel biasa khusus untuk menelpon, dan gunakan smartphone untuk chatting atau keperluan lainnya.

10. Gunakan Casing Anti Radiasi

Saat ini ada banyak produk yang menawarkan anti radiasi, seperti stiker dan casing smartphone.  Majalah Wired melakukan pengujian independen dan menunjukan hasil bahwa beberapa merek casing anti radiasi dapat mengurangi radiasi hingga 66,7%.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Mengurangi Resiko Bahaya Radiasi Smartphone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel