10 Tips Agar Kamu Lebih Sabar

10 Tips Agar Kamu Lebih Sabar


Sabar adalah hal yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Banyak orang yang kehilangan kesabaran dan melakukan hal-hal yang disesalkan kemudian. Sabar sendiri adalah salah satu kunci menuju bahagia. Sabar juga diperlukan untuk menggapai kesuksesan dan berbagai target dalam hidup.

10 Tips Agar Kamu Lebih Sabar

Tidak ada batas kesabaran, hanya saja terkadang kita tidak dapat mengendalikan diri untuk lebih sabar. Padahal jika kita bisa lebih sabar dalam setiap hal, kita akan merasa lebih tenang dan damai dalam menjalani hidup. Langsung saja, berikut adalah 10 Tips Agar Kamu Lebih Sabar.

1. Tenang

Salah satu pemicu sikap tidak sabar yaitu kurangnya kemampuan untuk bersikap tenang atau rileks. Cobalah untuk menenangkan pikiran dan tubuh kamu terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan penting atau sebelum berinteraksi dengan orang lain. 

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan yaitu memejamkan mata dan menarik nafas dalam-dalam. Jika kamu punya banyak waktu, kamu bisa mendengarkan musik-musik klasik atau instrumen, berendam air hangat, atau menggunakan aroma terapi tertentu. Yang penting, jangan sampai kamu tegang dan tertekan.

2. Berpikir Positif

Berpikirlah positif tentang diri kamu, tentang orang lain, dan tentang hal-hal yang sedang terjadi. Biasakan juga untuk berpikir positif dalam menghadapi masa depan, serta cobalah untuk mengambil hikmah dari setiap hal buruk yang terjadi. 

Jika kamu sudah menanamkan sifat ini dengan baik, maka kamu sudah satu langkah lebih dekat untuk menjadi pribadi yang sabar. Dengan membiasakan diri berpikir positif, kita akan menjadi lebih optimis dalam menjalani hidup. Kita juga akan memancarkan aura positif yang membuat orang di sekitar kita juga merasa senang di dekat kita.

3. Selalu Berpikir Untuk jangka Panjang

Cobalah untuk selalu berpikir untuk jangka panjang, pikirkanlah apa yang alan teradi kedepannya atas apa yang kita lakukan. Jika kita ingin membeli sesuatu, pikirkanlah apakah benda tersebut akan bermanfaat ke depannya dibandingkan jika uang tersebut ditabungkan? Jika saat ini kita marah pada seseorang, apakah kemarahan ini akan berpengaruh terhadap hubungan jangka panjang kita dengan orang tersebut? Jika kita menunda pekerjaan sekarang, bagaimana dampaknya nanti? Pikirkanlah..

4. “Bersakit-Sakit Dahulu, Bersenang-Senang Kemudian"

Kesabaran adalah kemampuan untuk menahan diri dari berbagai kesenangan sesaat demi mencapai target di masa depan yang lebih baik. Kesenangan sesaat seperti ingin membelanjakan uang, ingin meluapkan kemarahan, atau keinginan untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek. Jika kamu selalu menerapkan pola pikir "bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian", maka kamu akan lebih mudah menjadi seseorang yang penyabar.  

5. “Sabar” Tidak Sama Dengan “Menunda”

Terkadang kata sabar disalah gunakan untuk menunda-nunda suatu pekerjaan. Jika kita memang sabar, maka akan ada hal positif dari tindakan menunda yang kita lakukan. Tetapi, jika kita menunda hanya karena malas dan tidak ada hal positif dari menunda tersebut, maka hal itu sama sekali bukan merupakan tindakan yang sabar dan justru harus dijauhi karena sangat tidak produktif.


6. Bersiap Untuk Hal Yang Tak Terduga

Sikap tidak sabar biasanya muncul karena ada berbagai hal yang tidak sesuai dengan perkiraan atau dugaan kita. Misalnya, kita sudah memperkirakan kita akan menghabiskan waktu sekitar satu jam di perjalanan. Namun ternyata,ada sebuah kecelakaan yang membuat lalu lintas macet panjang, sehingga waktu yang diperlukan diperjalanan lebih lama. Jika kamu tidak terbiasa untuk sabar, kejadian yang tidak terduga seperti ini bisa terasa sebagai suatu hal yang sangat menjengkelkan dan merusak mood, bahkan produktivitas kerja.

Cobalah untuk selalu menyiapkan diri untuk menghadapi hal-hal yang tak terduga.  Jika memang kemudian rencana kita tidak berjalan dengan semestinya, maka kamu akan bisa menanggapinya dengan santai.

7. Hindari Hal-Hal Yang Membosankan

Rasa tidak sabar biasanya muncul ketika kita melakukan sesuatu yang membosankan, contohnya ketika menunggu. Untuk itu, cobalah untuk membuat diri kamu selalu sibuk sehingga pikiran kamu tidak termakan oleh rasa bosan yang dapat membuat kamu menjadi tidak sabar dan bad mood.

Cobalah untuk selalu membawa bacaan atau buku catatan. Saat kamu berada di situasi yang membosankan, kamu bisa menyibukan diri dengan membaca atau menulis dan mencoret-coret buku catatan kamu. Hal ini juga dapat membuat kamu menjadi seorang individu yang lebih produktif.

8. Beristirahat

Saat ini, ada banyak orang yang tidak bisa beristirahat. Mereka seakan selalu diburu oleh deadline dan target-target tertentu. Tak hanya di kalangan profesional, para pelajar dan ibu rumah tangga pun mengalaminya. Mereka akan merasa bersalah jika beristirahat, karena mereka menganggap istirahat sebagai tindakan membuang-buang waktu yang menjauhkan mereka dari target akhir.

Pola hidup tersebut tentu harus dihindari. Beristirahat adalah hal yang sangat vital untuk memulihkan kondisi tubuh dan pikiran sehingga nantinya kamu bisa bekerja dengan lebih optimal. Selain itu, ketika beristirahat kita bisa mendapatkan berbagai ide dan inspirasi yang berdampak positif terhadap pekerjaan yang kita lakukan.

9. Fokus Pada Tujuan Akhir

Cobalah untuk selalu fokus pada tujuan akhir yang kamu inginkan, jangan bersikap terburu-buru. Fokus pada tujuan akhir dapat membuat kamu lebih sabar. Ingatlah tujuan akhir kamu, baik sebagai pelajar, seorang profesional, ibu rumah tangga, atau bahkan tujuan akhir yang ingin kamu capai sebagai seorang manusia. Hal ini akan mencegah kamu melakukan hal-hal yang hanya bersifat untuk melampiaskan keinginan sesaat.

10. Menulis

Biasakanlah untuk menulis, karena menulis merupakan salah satu terapi untuk menjadi orang sabar, baik sabar dalam menahan emosi maupun sabar menahan diri demi masa depan yang lebih baik. Cobalah untuk terbiasa menuliskan segala sesuatu yang kamu alami, bisa dalam bentuk diary atau berupa jurnal yang mencatat progress aktivitas yang kamu lakukan.

Menuliskan progress juga membantu kamu untuk memonitor seberapa dekat posisi kamu dengan tujuan akhir yang sudah ditentukan. Hal ini akan membuat kita lebih mudah menahan diri dan bersabar melalui kehidupan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Agar Kamu Lebih Sabar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel