10 Obat Herbal Penyakit TBC Paling Manjur

10 Obat Herbal Penyakit TBC Paling Manjur


TBC merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat kita remehkan. TBC memiliki gejala-gejala seperti batuk yang berlangsung 2 minggu atau lebih, dahak atau batuk darah, sesak napas, demam atau meriang, berkeringat di malam hari tanpa ada aktivitas fisik, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, lelah dan lemah. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke Dokter.

10 Obat Herbal Penyakit TBC Paling Manjur

Selain obat kimia dari Dokter, kamu bisa mencoba obat herbal yang mengandung antioksidan yang menangkal radikal bebas dan antibakteri yang dapat melumpuhkan bakteri penyebab TBC. Berikut adalah 10 Obat Herbal Penyakit TBC Paling Manjur.

1. Daun Sirih Merah

Daun sirih merah memang terkenal sebagai obat herbal, salah satunya yaitu dapat menjadi ramuan obat penyakit TBC. Cuci bersih 7 lembar daun sirih merah kemudian dipotong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air sampai air berkurang setengahnya. Minum ramuan ini tiga kali sehari dengan menambahkan 1 sendok makan madu.

2. Sambiloto

Bagian sambiloto yang digunakan sebagai obat TBC adalah daunnya. Ambil daun sambiloto kering 1 genggam, giling halus sampai menjadi bubuk. Tambahkan madu ke bubuk sambiloto tersebut lalu dibuat bulatan-bulatan kecil seperti pil atau berdiameter 0,5 cm. Minum 15-30 pil dengan air hangat 2-3 x sehari.

3. Bawang Putih

Penggunaan bawang putih ini sangat mudah. Cukup cuci bersih 2-4 butir bawang putih lalu dikunyah dan ditelan airnya.

4. Lempuyang Wangi

Ambil 1 genggam bagian akar lempuyang wangi, kemudian dicuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan 5 gelas air sampai air tersisa setengahnya. Saring dan dinginkan. Minum rebusan air ini 2 kali sehari sebanyak ¾ gelas.

5. Buah Kelapa Hijau

Buah kelapa hijau ini merupakan obat yang enak dan mudah didapat. Potong bagian bawah dan bagian atas kelapa hijau, kemudian lubangi bagian atasnya. Panaskan kelapa hijau diatas bara api sampai mendidih, diamkan selama 15 menit dan minum air kelapa hijau setelah dingin pada pagi dan sore hari.


6. Kembang Sepatu

Untuk menjadikan kembang sepatu sebagai obat TBC, cuci bersih dan giling 3 kuntum kembang sepatu sampai halus. Tambahkan 1 sendok makan madu dan ½ gelas air matang. Peras dan saring. Minum 3x sehari.

7. Daun Sisik Naga

Cuci bersih 30 gram daun sisik naga segar kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai air tersisa setengahnya. Minum air rebusan ini 2x sehari sebanyak ½ gelas.

8. Bambu Tali atau Bambu Apus

Umbi atau rebung bamboo tali efektif untuk menyembuhkan TBC yang disertai batuk berdarah. Cuci bersih 6-12 gram umbi atau rebung bambu tali kering. Rebus bersama 1,5 gelas air. Minum ramuan ini dalam keadaan hangat 2x sehari hingga penyakit sembuh.

9. Bidara Upas

Ambil ¼ jari bidara upas kemudian cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok makan air matang. Peras dan saring. Minum tiga kali sehari.

10. Singawalang

Cuci bersih 5 lembar daun singawalang lalu tumbuk sampai halus. Seduh dengan air panas, tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Aduk sampai larut, saring dan dinginkan. Minum ramuan ini 2x sehari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Obat Herbal Penyakit TBC Paling Manjur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel