10 Bahaya Menahan Kentut Bagi Kesehatan

10 Bahaya Menahan Kentut Bagi Kesehatan


Kentut itu sehat, kata dokter.. Tapi kalo kata orang tua, kentut itu nggak sopan. Kebanyakan masyarakat Indonesia meyakini kentut di depan orang lain itu adalah hal yang tabu dan dihindari. Padahal, dokter dan para ahli menyatakan bahwa menahan kentut tidak baik bagi kesehatan.

Kenapa kita kentut? Kentut terjadi karena adanya udara yang terjebak di dalam perut kita. Udara ini berasal dari berbagai sumber, salah satunya yaitu udara yang ikut masuk saat kita mengunyah makanan atau minum. Udara ini merembes dari darah ke usus dan menghasilkan gas dari reaksi kimia usus atau bakteri yang hidup di dalam usus.

10 Bahaya Menahan Kentut Bagi Kesehatan

Dari gas atau kentut, terdapat kandungan 1% gas hidrogen sulfida dan merkaptan yang mengandung sulfur dan belerang yang menyebabkan kentut kita bau. Ada banyak makanan yang mengandung sulfur seperti kacang-kacangan, kubis, keju, soda dan telur. Oleh karena itu, kalau kamu mau mengurangi bau kentut, kurangi makan makanan tersebut.

Selain bau, hal yang membuat kita malu pada kentut yaitu suaranya yang khas. Suara kentut ini disebabkan karena adanya getaran pada rektum. Kuat atau tidaknya suara kentut kita tergantung dengan seberapa banyak tekanan balik gas serta ketatnya otot sfingter.

Walaupun kita malu karena bau atau bunyinya, menahan kentut tidak baik loh.. Berikut ini adalah 10 Bahaya Keseringan Menahan Kentut Bagi Kesehatan.

1. Perut Kembung

Merasa begah dan bersendawa serta perut tidak nyaman? Jangan-jangan itu karena kamu menahan kentut. Perut kembung dapat terjadi karena penumpukan gas yang berlebihan di saluran pencernaan seperti usus dan lambung.

2. Nafsu Makan Berkurang

Perut kembung menjadikan perut kita merasa tidak nyaman dan begah, perut terasa penuh dan nafsu makan pun berkurang.

3. Kram Pada Perut

Ciri kram pada perut ini yaitu ketika kita merasakan sakit yang melilit pada perut atau gejala-gejala lainnya. Hal ini disebabkan karena kelebihan gas yang terjadi pada salah satu bagian usus kita.

4. Wasir

Menahan kentut dapat menyebabkan wasir lho.. Hal ini disebabkan karena adanya gerakan berlebihan pada organ dubur ketika kita menahan kentut. Gerakan ini membuat otot-otot di dubur menegang dan memicu melebarnya pembuluh darah.

5. Infeksi Diverticulosis

Diverticulitis merupakan pembentukan kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar (divertikula). Pembentukan kantung ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada titik-titik lemah dari dinding usus oleh gas, limbah, atau cair. Jika ini terjadi, maka akan menyebabkan sakit parah pada bagian perut, demam, mual, atau terjadinya perubahan pada kebiasaan buang air besar.


6. Peritonitis

Hal yang sangat bahaya dari menahan kentut yaitu peritonitis. Peritonitis adalah peradangan pada peritoneum atau jaringan yang melapisi dinding bagian dalam perut yang mencakup sebagian besar organ perut. Peritonitis disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri, jamur maupun luka atau infeksi diverticulosis kronis yang menyebabkan tumpahnya limbah yang berasal dari usus.

7. Keracunan Gas

Gas kentut memang bukan racun, tetapi menahan kentut dapat menyebabkan keracunan gas. Menahan kentut dapat menyebabkan tekanan parsial dalam rongga usus dengan intensitas lebih tinggi daripada tekanan parsial di dalam darah. Ini mengakibatkan gas masuk ke dalam pembuluh darah yang terdapat di dinding usus dan pada akhirnya akan beredar ke seluruh tubuh.

8. Bau Kentut Semakin Menyengat

Kamu menahan kentut karena takut bau? Hati-hati, menahan kentut malah menjadikan bau kentut semakin menyengat. Saat seseorang keseringan menahan kentut, akumulasi dari sulfur semakin menumpuk dan kentut semakin bau.

9. Cepirit

Malu kentut? Awas, lebih malu lagi cepirit :D
Selain menyebabkan bau, sulfur yang menumpuk juga dapat mengakibatkan cepirit atau keluarnya sedikit ampas tinja.

10. Sembelit

Peningkatan tekanan di dalam usus besar akibat gas yang ditahan dapat menyebabkan terjadinya divertikula. Keadaan ini dapat memperparah gangguan sembelit yang pada awalnya menjadi penyebab terjadinya kentut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Bahaya Menahan Kentut Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel