Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia


Setelah membahas Daftar 10 NegaraTerkaya di Dunia, kali ini Dieci akan membahas Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia yang ditempati oleh Negara-negara di wilayah Afrika. Negara mana sajakah yang mendapat predikat Negara termiskin di dunia dengan pendapat perkapita yang rendah. Berikut adalah uraian Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia.

10. Madagaskar

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: nationalgeograpicexpedicitions.com

Republik Madagaskar merupakan sebuah Negara pulau di Samudra Hindia, tepatnya di lepas pesisir timur Afrika. Luas wilayah pulau ini sekitar 587.041 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 23 juta jiwa. Republik Madagaskar termasuk Negara miskin dengan pendapatan perkapita sekitar US$ 1.504.

9. Eritrea

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: sfgate.com

Eritrea adalah sebuah Negara yang terletak di bagian timur laut Afrika. Negara ini berbatasan dengan Sudan di sebelah barat, Ethiopia di sebelah selatan dan Djibouti di bagian tenggara. Eritrea hanya memiliki pendapatan perkapita sebesar US$ 1.321.

8. Guinea

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: spiegel.de

Republik Guinea adalah sebuah Negara yang berbentuk bulan sabit, terletak di kawasan Afrika Barat dengan luas 246.000 km persegi. Negara ini berbatasan dengan Samudera Atlantik di bagian barat dan selatannya. Ekonomi utama Republik Guinea tergantung pada sektor pertanian. Beberapa produk ekspor utama Guinea antara lain ikan, kacang mede dan kacang tanah. Pendapatan perkapita Republik Guinea hanya berkisar US$ 1.271.

7. Mozambik

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: wep.be

Negara Mozambik terletak di benua Afrika bagian selatan. Perekonomian Negara ini sebagian besar bergantung pada pertanian. Namun industri makanan dan minuman, pabrik kimia, aluminium dan produksi minyak bumi semakin bertambah. Begitu juga dengan sektor pariwisata.  Pendapatan perkapita Mozambik adalah US$ 1.228.

6. Malawi

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: intrepidtravel.com

Malawi merupakan salah satu Negara di kawasan Afrika, terletak di bagian selatan dan berbatasan langsung dengan Mozambik. Dengan pendapatan perkapita yang hanya mencapai US$ 1.139, menjadikan kondisi ekonomi Republik Malawi lebih parah dari Negara Mozambik.


5. Niger 

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: mvam.org

Republik Niger merupakan sebuah Negara yang terkurung oleh daratan di bagian barat Afrika. Niger berbatasan langsung dengan Nigeria dan Benin di sebelah selatan, Mali di barat, Aljazair dan Libya di utara dan Chad di sebelah timur. Ekonomi Negara Niger berpusat di sekitar lahan yang subur di selatan negeri dan ekspor bahan baku terutama bijih uranium. Wilayah yang kering dan sebagian merupakan daerah gurun menjadikan Negara ini hanya memiliki pendapatan perkapita sebesar US$ 1.113.

4. Liberia

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: nytimes.com

Republik Liberia merupakan sebuah Negara di pesisir barat Afrika. Belum lama ini Liberia dilanda dua perang saudara yang mengakibatkan ratusan ribu penduduknya mengungsi sekaligus menghancurkan ekonomi Negara ini. Ekonomi Liberia sangat bergantung kepada ekspor bijih besi. Sebelum tahun 1990 Liberia juga mampu mengekspor karet. Namun, pecahnya perang saudara yang berkepanjangan telah menghancurkan banyak infrastruktur Negara, sehingga Liberia sangat tergantung kepada bantuan luar negeri. Pada tahun 2005, Negara ini memiliki tingkat pengangguran terburuk di dunia yaitu 85%. Pendapatan perkapita Liberia hanya sebesar US$ 882.

3. Burundi

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: voanews.com

Burundi merupakan sebuah negara yang terletak di tengah benua Afrika. Meskipun Negara yang memiliki penduduk 10 juta jiwa ini telah lama merdeka dari Belgia, namun tetap tidak mampu bangkit dari kemiskinan. Perkembangan Negara ini terpuruk karena sumber daya alam yang tidak melimpah serta efek dari konflik dan perang antar suku. Pendapatan perkapita Burundi hanya sebesar US$ 818.

2. Kongo 

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: smithsonianmag.com

Republik Demokratik Kongo merupakan Negara di wilayah Afrika bagian Tengah. Perang saudara dan kekerasan yang berkepanjangan telah menghancurkan infrastruktur dan perekonomian Negara ini. Sumber daya mineral yang berlimpah banyak habis digunakan untuk mendanai perang dan keuntungan bagi oknum tertentu. Pendapatan per kapita Negara Kongo hanya mencapai US$ 784.

1. Republik Afrika Tengah 

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Picture credit: international.kompas.com

Predikat Negara paling miskin di dunia saat ini dimiliki oleh Republik Afrika Tengah. Negara ini memiliki iklim tropis, dimana bagian utaranya merupakan tempat angin harmattan yang panas, kering dan membawa debu. Bagian utaranya menjadi tempat desertifikasi dan bagian timur lautnya bergurun. Bagian lainnya mudah kebanjiran dari sungai sekelilingnya. Sektor pertanian menjadi andalan bagi masyarakat Negara ini. Selain itu, ekonomi Negara ini ditunjang dari sektor perikanan dan pertambangan mineral. Republik Afrika Tengah sering mengalami dampak inflasi, sehingga pendapatan per kapitanya hanya di angka US$ 656.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel