10 Tips Mempersiapkan Mental Sebelum Menikah


10 Tips Mempersiapkan Mental Sebelum Menikah 

10 Tips Mempersiapkan Mental Sebelum Menikah
Picture credit: vemale.com

Menikah merupakan salah satu hal terpenting yang terjadi dalam hidup seseorang. Kehidupan seseorang akan sangat berubah setelah menikah. Untuk itu, mental calon pengantin haruslah disiapkan dengan matang agar tidak mengalami tress dan kehidupan rumah tangga dapat berjalan dengan lancar.  Berikut ini adalah 10 Tips Mempersiapkan Mental Sebelum Menikah.

1. Siapkan Diri Untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Tegar

Setelah menikah kamu harus menjadi sosok yang lebih tegar dan kuat untuk menghadapi kehidupan bahterai rumah tangga. Sebagai seorang suami, persiapkan diri untuk melindungi istri dan anak-anak serta bertanggung jawab menyokong kehidupan rumah tangga secara finansial maupun moral. Kamu harus mempersiapkan diri menjadi sosok yang bisa diteladani oleh istri dan anak-anak.

Sebagai seorang istri, kamu harus bersiap untuk menjadi sosok yang dapat mendukung suami. Bersiaplah untuk menjadi istri yang tabah dan bijaksana, yang siap untuk mengarungi suka dan duka bersama suami. 

2. Minta Nasihat dari Orang Tua

Sebelum kamu memutuskan untuk menikah, alangkah baiknya kamu meminta nasihat dari orang tua kamu terlebih dahulu. Mereka yang telah lebih dahulu mengarungi kehidupan rumah tangga pastinya memiliki pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga yang bisa kamu dapatkan dan pelajari.

Tanyakan ke orang tua kamu apakah kira-kira kamu dan pasangan sudah siap menikah atau belum. Tanyakan juga tips-tips dalam berumah tangga, bagaimana membahagiakan pasangan dan membina rumah tangga yang langgeng. Dan yang terpenting, mintalah restu dari orang tua kamu.

3. Pre-Marital Konseling

Jika kamu dan pasangan memiliki waktu dan dana yang cukup, tidak ada salahnya untuk mengambil jasa Pre-Marital Konseling. Pre-Marital Konseling adalah jasa resmi yang disediakan oleh Psikolog untuk membantu kamu dan pasangan kamu memahami satu sama lain sebelum masuk ke jenjang pernikahan. Metode konseling ini juga dapat membantu menganalisa apakah kamu dan pasangan sudah siap menikah atau belum, baik secara fisik, mental, ataupun material. Konselor juga biasanya memberikan bimbingan dalam berbagai hal yang harus dilakukan dalam pernikahan.

4. Jangan Kehilangan Teman-Teman

Jangan sampai setelah menikah, terutama wanita kehilangan teman-teman setelah menikah. Banyak yang memegang prinsip bahwa pernikahan adalah hubungan yang hanya melibatkan suami dan istri. Hal ini tidaklah benar, karena dalam suatu hubungan rumah tangga, suami atau istri masih memerlukan teman-temannya.

Banyak yang melupakan bahwa teman dapat berperan penting dalam sebuah hubungan rumah tangga. Mereka dapat memberikan berbagai nasihat dan dukungan baik moral maupun material. Mereka juga dapat menjadi obat saat kita merasa jenuh, terutama di tahap-tahap awal membina rumah tangga.

5. Percaya

Percaya merupakan hal terpenting dalam suatu hubungan. Kamu harus mempercayai pasangan kamu sepenuhnya. Begitu juga dengan pasangan kamu, ia harus mempercayai kamu sepenuhnya. Jika masih ada rasa saling curiga dan tidak percaya satu sama lain, itu berarti kamu dan pasangan masih memerlukan waktu untuk  saling memahami satu sama lain sebelum berlanjut ke jenjang pernikahan.


6. Singkirkan Egois Kamu

Buang jauh-jauh rasa egois kamu jika kamu ingin merajut pernikahan, terutama dalam berkomunikasi dengan pasangan. Kamu harus ingat, setelah menikah kamu akan memiliki pasangan dan kalian akan mengarungi bahtera rumah tangga berdua,tidak akan bisa jika kamu sendirian. Kamu tidak bisa lagi memikirkan kebahagiaan pribadi, kebahagiaan pasangan kamu juga harus ditempatkan pada prioritas utama. Jika kamu merasa belum mampu melakukan hal ini, jangan terburu-buru untuk menikah.

Menikah adalah sebuah ikatan yang menuntut pengorbanan. Sebelum  membahagiakan diri sendiri, pastikan bahwa pasangan sudah bahagia. Jangan takut, karena pengorbanan yang dilandasi dengan rasa cinta yang tulus akan terasa sangat indah.

7. Bersiaplah untuk Menghadapi Masa Depan

Menikah merupakan salah satu kunci masa depan kehidupan seseorang. Pernikahan yang baik akan membawa kita ke masa depan yang baik. Ingat, menikah bukan hanya untuk beberapa hari atau beberapa bulan, tetapi untuk seumur hidup. Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan berbagai target dan hal-hal yang ingin dicapai di masa depan.

Persiapan ini tidak bisa dilakukan sendirian, namun harus dibicarakan bersama pasangan. Pastikan kamu dan pasangan menyatukan visi dan misi kalian. Akan lebih baik lagi jika kamu dan pasangan sudah memiliki berbagai perencanaan teknis untuk mencapai visi dan misi tersebut.

8. Hargai Perbedaan Antara Kamu dan Pasangan

Besar atau kecil, pasti akan ada perbedaan antara kamu dan pasangan kamu.  Perbedaan itu akan terlihat semakin jelas saat kalian tinggal bersama. Di sinilah kamu harus membangun perasaan untuk menghargai perbedaan satu sama lain. Jika hal ini tidak terbangun dengan baik, bukan tidak mungkin rumah tangga akan diisi oleh perselisihan, perdebatan dan pertengkaran.

Cobalah untuk saling menghargai perbedaan dan mencoba menyesuaikan diri dengan pasangan. Kurangi berbagai hal dalam diri kamu yang tidak disukai oleh pasangan dan maklumilah berbagai hal dalam dirinya yang kamu anggap berbeda. Jika kamu melakukan hal ini dengan tulus, maka pasangan kamu juga akan melakukan hal yang sama.

9. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan yang langgeng. Saling terbuka dan menyampaikan apa yang ada di hati dan pikiran akan menghindarkan dari kesalahpahaman. Hilangkan perasaan sungkan, tidak enak dan takut menyakiti hati pasangan. Komunikasikan dan ungkapkan berbagai harapan dan impian kamu dan pasangan yang ingin dicapai melalui pernikahan. Komunikasikan juga berbagai kekhawatiran, ketakutan dan kecemasan yang kamu hadapi.
                                                                           

10. Pahami Perubahan yang Akan Terjadi Dalam Hidup

Sangat penting untuk menyadari bahwa hidup kamu akan berubah secara drastis setelah menikah. Sadarilah bahwa kehidupan kamu akan berubah, mulai dari bangun tidur saat kamu melihat sosok orang lain di samping kamu. Kamu juga akan memiliki kewajiban tambahan, baik sebagai seorang suami maupun istri untuk membahagiakan pasangan kamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Mempersiapkan Mental Sebelum Menikah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel