10 Tanaman Obat Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

10 Tanaman Obat Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan


Sejak zaman dahulu kala, para nenek moyang kita menggunakan berbagai jenis tanaman untuk mengobati berbagai penyakit. Namun seiring perkembangan zaman, obat-obatan herbal dari tanaman tersingkir oleh obat-obat kimiawi. Beberapa orang masih menggunakan tanaman-tanaman sebagai obat dan mempercayai tanaman-tanaman tersebut berkhasiat menyembuhkan penyakit. Bahkan saat ini banyak produsen obat kimiawi yang mengolah tanaman-tanaman obat yang mereka kemas menjadi kapsul atau sirup.
 
10 Tanaman Obat Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan
Tanaman herbal (Foto: africanaturalitas.com)

Beberapa dari tanaman obat memang terbukti dapat menyembuhkan penyakit, selain itu tanaman obat lebih sehat dibandingkan dengan obat kimiawi yang mengandung efek samping. Tanaman obat juga lebih hemat dari obat kimawi. Hampir dari semua tanaman merupakan obat, namun Dieci telah merangkum 10 Tanaman Obat Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan.

1. Lidah Buaya

Tanaman satu ini dapat disebu sebagai tanaman sejuta manfaat, karena banyak sekali khasiat dari lidah buaya. Lidah buaya terkenal dapat menyehatkan rambut, menghilangkan jerawat dan berbagai manfaat untuk kecantikan lainnya. Selain itu, lidah buaya juga mampu menyembuhkan penyakit serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan, sembelit dan masih banyak jenis penyakit lain yang bisa diobati dengan tanaman ini.

2. Temulawak

Temulawak adalah salah satu tanaman rempah asli Indonesia yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bagian akar temulawak atau sering juga disebut dengan rimpang sering diolah menjadi obat berbagai penyakit. Temulawak berkhasiat mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung dan menjaga kesehatan hati. Selain itu, masih banyak jenis penyakit yang dapat diobati dengan tanaman ini.

3. Cincau

Kamu pasti tahu tanaman satu ini. Tanaman yang daunnya dijadikan olahan minuman yang sangat lezat ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Baik cincau hitam maupun cincau hijau sama-sama memiliki khasiat untuk kesehatan dan sama-sama memiliki rasa yang lezat. Cincau memiliki khasiat sebagai obat penurun demam, obat diabetes militus, obat radang lambung serta dapat mengobati sakit types.

4. Daun Patah Tulang

Daun patah tulang sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Ciri tanaman ini yaitu memiliki ranting tanpa daun. Di balik keunikannya ini, daun patah tulang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Daun patah tulang dapat mengobati tulang patah, sakit gigi, kusta, wasir, tumor atau kanker, rhematik, sifilis, nyeri saraf serta penyakit kulit. Namun dalam penggunaanya sebaiknya bertanya pada ahli kesehatan karena getah tanaman ini mengandung racun.

5. Tempuyung

Tanaman liar yang sering kali tumbuh di pekarang rumah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun tempuyung berkhasiat untuk mengatasi batu saluran kencing, batu empedu, bisul, luka bakar, radang usus buntu, rematik, radang payudara, memar, disentri, darah tinggi, wasir serta beser mani.


6. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh atau dikenal juga dengan sebutan belimbing sayur ini sering digunakan sebagai bumbu masakan karena rasa asamnya yang kuat dapat menjadikan sayuran terasa lebih segar. Tidak hanya sebagai bumbu dapur, belimbing wuluh juga digunakan sebagai obat tradisional. Belimbing wuluh dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu dan juga obat sakit gigi.

7. Srikaya

Srikaya secara umum mengandung anonain dan retikulin. Daun, akar dan kulit srikaya mengandung WN. Akar srikaya memiliki khasiat sebagai antidepresi dan antiradang. Daun srikaya memiliki khasiat sebagai peluruh cacing usus, mempercepat pemasakan bisul dan antiradang. Biji srikaya memiliki khasiat untuk membunuh serangga dan memacu enzim pencernaan. Kulit kayu srikaya memiliki khasiat sebagai tonikum dan astringen.

8. Seledri

Seledri merupakan sayuran hijau yang rendah kalori. Selain digunakan sebagai penambah aroma masakan, seledri juga digunakan sebagai tanaman obat. Seledri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lainnya seperti kalium, mineral dan zat besi. Daun seledri bekhasiat untuk mengobati darah tinggi, mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan yang hilang, menghindarkan dari kanker perut dan masih banyak manfaat lainnya.

9. Saga

Tanaman Saga sering tumbuh liar di pekarangan rumah, kebun atau di pinggiran jalan. Tanaman saga sendiri terdiri dari saga rambat dan pohon saga, namun kebanyakan orang menyebut keduanya dengan nama saga saja. Tanaman yang dianggap gulma ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu sebagai obat batuk dan obat anti sariawan.

10. Sosor Bebek

Tanaman yang sering ditanam sebagai tanaman hias ini ternyata juga digunakan sebagai tanaman obat. Sosor bebek dapat mengobati sakit panas, melancarkan air seni, batuk dan sakit kepala.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tanaman Obat Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel