10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan

10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan

10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan
Picture credit: prelo.co.id

Hai~ Sudah mengerjakan skripsi kah kamu hari ini? :D

Skripsi adalah tugas akhir mahasiswa. Skripsi inilah yang akan menentukan berhasil tidak nya kerja keras mahasiswa selama tiga setengah atau empat tahun ini. Bagi kebanyakan mahasiswa, skripsi merupakan momok yang menakutkan, terutama jika sudah menjalani revisi beberapa kali. Ada banyak mahasiswa yang mengalami stress saat mengerjakan skripsi, menyerah untuk mendapatkan gelar sarjananya, bahkan ada yang sampai mengakhiri hidupnya karena sudah terlalu depresi. 

Padahal, jika kamu jalani dengan senang hati skripsi akan mudah dikerjakan. Kuncinya adalah ambil tema yang sesuai dengan minat kamu. Selain itu, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar dapat mengerjakan skripsi dengan cepat. Berikut adalah 10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan.

1. Pilih Tema yang Kamu Minati

Pilihlah tema penelitian yang memang kamu minati dan pahami. Jangan karena standar ketinggian, skripsi kamu malah gak jelas kapan selesainya. Jika kamu memilih tema yang kamu sukai, penelitian kamu akan terasa lebih menyenangkan, seperti “wah, gini ternyata” kamu akan lebih banyak tahu lagi tentang apa yang kamu minati.

2. Buat Target Deadline

10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan
Picture credit: idntimes.com

Buat batasan waktu. Buatlah batasan waktu dengan detail: tanggal, bulan dan tahunnya. Sertakan peringatan yang membuat kamu merasa rugi kalau menunda mengerjakan skripsi. Misal, "Menunda skripsi = menunda nikah!" atau “Semester baru lagi = SPP lagi”.

3. Pilih Dosen Pembimbing yang Pas

Jika bisa memilih, pilihlah dosen pembimbing yang ramah namun tegas. Jika kamu memilih dosen yang keras bisa-bisa kamu sudah takut duluan sebelum bimbingan. Satu lagi, meski belum teruji benar, pilih dosen yang punya gender berbeda dengan kamu. Kadang kalau sama-sama lelaki atau perempuan, sensinya suka berlebihan dan kalau berlainan gender bisa jadi si dosen penyemangat kamu untuk terus bimbingan. Ini bukan modus ya, cuma strategi saja, tapi kalau memang lanjut dan sama-sama single ya gak apa-apa juga.

4. Pilih Tempat yang Kondusif

10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan
Picture credit: utakatikotak.com

Kerjakan skripsi di tempat yang kondusif. Pilih tempat yang nyaman buat kamu dan bisa konsentrasi tinggi. Bagi yang senang di kafe bisa ke kafe sekalian dapat wifi gratisnya, buat kamu yang suka tempat sepi silahkan kerjakan di perpus, bisa juga kamu kerjakan di taman yang punya udara sejuk agar otak kamu ikutan fresh, atau kalau malas kemana-mana silahkan kerjakan di kamar saja.

5. Cari Tahu Kesukaan Dosen Pembimbing

Cari tahu kesukaan si dosen pembimbing biar proses skripsi kamu jadi lebih gampang. Skripsi itu tidak hanya menggunakan otak tapi juga strategi. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengetahui apa yang dosen kamu sukai. Kalau dia suka musik, saat bimbingan selingi pembicaraan dengan musik kesukaannya. Sementara kalau dia suka makan, sesekali bawa saja makanan kesukaannya. Nah kalau dosen sudah jatuh hati, pasti deh skrips kamu bisa lebih cepat selesai.


6. Gunakan Buku Tulisan Dosen Pembimbing

10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan
Picture credit: timeout.com

Jika dosen pembimbing kamu menulis buku, jangan lupa gunakan buku tersebut sebagai referensi. Kalau tidak sesuai dengan tema penelitian kamu, bawa saja ketika bimbingan biar si dosen pembimbing tahu jika kamu 'baca'.

7. Kurangi Waktu Main

Kurangi waktu main, jalan, nongkrong, manggung atau apapun yang bisa menyita waktu kamu. Fokus dulu ke skripsi kamu, kalau sudah selesai skripsi kamu bisa main sepuasnya. Tapi, sekali-kali kamu bisa pergi untuk menghilangkan penat berkutik dengan kertas-kertas skripsi.

8. Kumpul Dengan Sesama Pejuang Skripsi

10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan
Picture credit: fastweb.com

Pastikan kamu berkumpul dengan mahasiswa yang sama-sama ingin segera lulus jadi sarjana, hindari dulu teman yang kegiatannya masih main saja. Teman mempengaruhi kita, jadi pilih teman yang pas.

9. Minta Doa Restu Orangtua

Jangan lupa minta doa restu orangtua kamu. Meski mereka berada jauh, namun doanya akan tetap sampai.

10. Jangan Lupa Ibadah dan Doa

10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan
Picture credit: sijai.com

Terakhir, kamu tidak boleh meninggalkan ibadah serta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena usaha kita akan sia-sia jika tanpa rahmat-Nya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat Dan Menyenangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel