10 Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik

10 Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik


Semua orang dapat menjadi pemimpin, namun tidak semuanya bisa menjadi pemimpin yang baik. Tidak semua orang dapat memimpin orang lain untuk menggapai suatu tujuan, apalagi jika ada banyak orang yang dipimpin.
10 Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik
Picture credit: linkedin.com

Ada banyak teori dan metode yang mengajarkan berbagai cara untuk menjadi pemimpin yang baik yang bisa kita pelajari dan memperaktekkannya. Kali ini Dieci akan membahas 10 Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik yang dapat kamu terapkan di lingkungan keluarga, teman, masyarakat ataupun tempat kerja.

1. Jujur dan Adil

Jujur adalah kunci dari setiap tindakan dan adil adalah sifat yang selalu didambakan dari seorang pemimpin. Kedua sifat ini adalah sifat paling sederhana namun tidak banyak orang mampu melakukannya. Saat ini, jujur dan adil menjadi sifat langka yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Terbuka dengan bawahannya, tidak memanfaatkan kekuasaan dengan semena-mena, serta tidak mencoba mengambil keuntungan pribadi dari posisinya selaku pemimpin.

Jika seorang mengembangkan sifat yang jujur dan adil, secara otomatis ia akan dicintai oleh orang-orang yang dipimpinnya, tanpa perlu melakukan pencitraan berlebih. Jadi, jika kamu ingin menjadi pemimpin yang baik, kuncinya adalah berperilaku jujur dan adil. Mampukah kamu?

2. Berwawasan

Meskipun tidak harus menjadi orang terpintar dalam tim, pemimpin yang baik adalah sosok yang berwawasan. Pemimpin harus mengetahui setidaknya gambaran umum permasalahan yang sedang dihadapi oleh tim. Pemimpin harus menguasai dasar-dasar tugas yang dikerjakan oleh bawahannya walaupun tidak secara detail. Jangan sampai pemimpin terlihat “kikuk” dihadapan anggota tim yang lain. Untuk meningkatkan wawasan, diperlukan riset, pengamatan dan referensi dari berbagai sumber. Kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan hal tersebut.

3. Memberikan Hadiah dan Hukuman dengan Tepat

Hadiah dan hukuman atau sangsi adalah dua hal yang menjadi senjata utama seorang pemimpin.  Jika dimanfaatkan dengan baik, hadiah ataupun hukuman dapat menjadi sumber energi yang membuat kinerja tim menjadi berkali-kali lipat lebih baik. Hadiah adalah bentuk pujian kepada bawahan yang melakukan tugas dengan baik, sebaliknya hukuman adalah teguran atas kesalahan yang diperbuat.

Pemimpin yang baik tahu kapan ia harus memberi hadiah, kapan ia harus memberi hukuman, serta kapan harus membiarkan suatu hal berlalu begitu saja. Kadar hadiah dan hukuman yang diberikan juga harus tepat dan pas sasaran agar bisa memotivasi anggota tim dengan maksimal.

4. Mampu Menjadi Contoh

Pemimpin yang baik adalah seseorang yang mampu menjadi teladan bagi orang lain, sosok yang dihormati oleh bawahannya. Bukan hanya karena reputasi, kekayaan dan kekuasaan, namun juga karena sifat-sifat terpuji yang ia miliki. Pemimpin yang mampu menjadi contoh secara tidak langsung akan membuat bawahannya menjadi loyal.

5. Komitmen

Memegang teguh komitmen adalah kewajiban bagi seorang pemimpin yang baik. Ia haruslah pantang menyerah dalam mencapai tujuan dan menjaga idealismenya. Seorang pemimpin harus mampu menjadi orang terakhir yang merasa lelah dalam sebuah perjuangan.  Ia tak boleh kehabisan semangat di tengah jalan dan tidak boleh mudah dibelokkan oleh hal-hal di luar tujuan utama tim yang ia pimpin. Komitmen juga berkaitan dengan kesungguhan untuk menepati janji-janji yang diucapkan dan kemauan untuk bekerja keras. 


6. Membagi Tugas dengan Tepat

Membagi tugas dengan tepat tidak sama dengan sekedar menyuruh-menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu. Suatu tugas harus diberikan pada orang yang tepat, sesuai dengan kemampuan, potensi dan ketertarikannya akan tugas tersebut. Selain itu, harus diperhatikan karakter dan loyalitasnya. Jika asal memberikan tugas, tim tidak akan meraih hasil maksimal. Agar mampu mengetahui hal-hal tersebut, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan observasi dan analisa yang baik.

7. Bisa Memotivasi Orang Lain

Pemimpin harus bisa memotivasi anggota timnya agar selalu semangat dan bekerja dengan baik. Pemimpin harus menjadi motor penggerak energi saat tim merasa lelah, terutama dari segi psikologis. Memotivasi orang lain tidak harus selalu tampil menjadi pembicara atau memberikan nasihat. Hanya duduk diam dan mendengarkan curhatan orang lain juga dapat membangkitkan motivasi orang tersebut.

8. Skill Komunikasi

Skill komunikasi dengan anggota tim, baik secara personal ataupun publik adalah senjata utama seorang pemimpin.  Biasanya, skill komunikasi ini dapat dimanfaatkan dalam kondisi tertentu untuk meningkatkan kinerja tim. 

Gaya komunikasi setiap pemimpin berbeda-berbeda satu sama lain. Ada pemimpin yang lihai berkomunikasi secara publik dengan cara berorasi di depan khalayak ramai.  Selain itu, ada juga pemimpin yang menggunakan metode pendekatan secara personal, berbicara dari hati ke hati.  Pilihlah metode yang paling sesuai dengan potensi dan keadaan tim yang dipimpin.
  

9. Membangun Rasa Percaya Diri

Pemimpin harus memiliki rasa percaya diri. Untuk memimpin orang lain, seseorang haruslah percaya dengan dirinya sendiri. Segala rasa rendah diri, minder dan khawatir yang berlebihan harus disingkirkan. Namun, rasa percaya diri yang terlalu tinggi juga tidak baik. Rasa percaya diri harus dikontrol dan diimbangi dengan rasa mawas diri serta kemampuan untuk menganalisa situasi.

10. Thingking Outside the Box, Kreatif dan Inovati

Pemimpin yang baik adalah seseorang yang mampu melihat suatu permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. Saat anggota timnya menemui jalan buntu, pemimpin diharuskan dapat menemukan alternatif-alternatif lain yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tertentu. Kemampuan untuk berpikir outside the box atau di luar kotak harus dimiliki oleh pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik juga harus pandai dalam menemukan berbagai macam inovasi dan ide baru yang dapat digunakan untuk kepentingan tim. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel