10 Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah


10 Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah


Pernahkah saat kamu sedang berdiri cukup lama tiba-tiba kamu merasakan mata yang berkunang-kunang, pusing tujuh keliling, bahkan jatuh pingsan? Hal ini adalah tanda-tanda bahwa kamu menderita tekanan darah rendah atau yang sering disebut hipotensi. Hipotensi yaitu keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah normal. 
10 Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah
Picture credit: wedeside.com

Saat darah mengalir lewat arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri, tekanan tersebut yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah dan disebut dengan tekanan darah. Akibat dari tekanan darah rendah bisa menyebabkan kepala terasa ringan, pusing, tubuh terasa tidak stabil atau goyah dan kehilangan kesadaran. Hal ini karena terhambat atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke organ vital seperti otak dan ginjal.

Terdapat dua ukuran yang digunakan dalam tekanan darah, yakni tekanan sistolik (bilangan atas) dan tekanan diastolik (bilangan bawah). Tekanan darah normal memiliki ukuran berkisar antara 90/60 dan 140/90. Sedangkan hipotensi mempunyai tekanan darah di bawah 90/60. Sementara ukuran darah di atas 140/90 tandanya orang tersebut mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah, diantaranya yakni cuaca yang terlalu panas, penyakit parkison, anemia, dehidrasi, efek samping dari pengobatan dan neurally mediated hypotension yaitu saat seseorang berdiri terlalu lama sehingga aliran darah berkumpul pada bagian bawah tubuh.

Untuk mengatasi tekanan darah rendah, kamu bisa melakukan 10 Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah berikut ini.

1. Monitor Tekanan Darah

Monitor tekanan darah kamu secara rutin. Belilah alat pengukur tekanan darah (tensimeter) yang banyak dijual di pasaran dan mudah digunakan.  Setiap kali bangun pagi kamu merasa tubuh benar-benar lemas, segera cek tekanan darah.  Jika memang tensi darah kamu sangat rendah, atasi hal ini dengan minum kopi, makan-makanan bergizi, atau mengonsumsi pil penambah mineral. Kunjungi juga dokter secara rutin untuk memeriksa tekanan darah kamu serta meminta resep obat beserta tips mengatasi tekanan darah rendah. 

2. Konsumsi Garam

Konsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan garam. Kandungan sodium yang ada dalam garam bisa menaikkan tekanan darah. Bagi kamu yang berusia lanjut, bisa diskusikan dulu dengan dokter kamu sebelum memberikan tambahan garam di dalam diet sehari-hari.

3. Tidur Berkualitas

Penderita tekanan darah rendah memerlukan lebih banyak istirahat untuk mengisi energi. Apabila istirahat kurang, otomatis energi yang terisi pun menjadi sangat minimal.  Tentu saja hal ini bisa berakibat ke performa sehari-hari dalam bekerja dan beraktivitas.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidur selama 8 jam sehari.  Usahakan tidur tersebut benar-benar nyenyak. Gunakan 2-3 bantal agar ketika bangun dan berdiri tidak mengalami penurunan drastis terhadap tekanan darah.

4. Ubah Posisi Secara Perlahan

Bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah akut.  Selalu bangun atau berdiri secara perlahan-lahan.  Jika kamu bangun terlalu mendadak, efek samping yang dirasakan antara lain adalah pusing, berkunang-kungan, atau bahkan terjatuh.  Jika kebetulan kamu merasakan hal ini, langsung bersandar di kursi atau tembok terdekat untuk membantu menormalkan aliran darah dan menghindari kamu terjatuh.

Saat bangun tidur, ketika pertama kali membuka mata, jangan langsung duduk atau berdiri.  Berdiam dirilah selama sesaat.  Ambil nafas dalam-dalam, hembuskan dan ulangi proses ini selama kurang lebih satu menit.  Setelah kamu sepenuhnya memperoleh kesadaran, barulah coba lagi untuk duduk atau bangun.

Usahakan sebisa mungkin untuk tidak berdiri terlalu lama agar aliran darah tidak mengumpul dibagian bawah anggota tubuh.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Perbanyak konsumsi air putih untuk meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi yang memicu tekanan darah rendah. Konsumsilah air putih setidaknya 8 gelas per hari.


6. Kurangi Gula dan Alkohol

Terlalu banyak mengkonsumsi gula dan alkohol dapat meningkatkan tekanan darah kamu secara drastis. Bagi yang memiliki darah rendah, peningkatan tensi yang terlalu mendadak bisa mengakibatkan efek samping yang cukup berbahaya, seperti pusing akut, berkunang-kunang, bahkan pingsan. Oleh karena itu, kurangi konsumsi gula dan alcohol terlalu banyak dalam waktu singkat.

7. Minum Kopi

Meminum secangkir kopi di pagi hari juga bisa membantu kamu yang memiliki tekanan darah rendah. Kopi dapat membantu mengatasi rasa lemah dan berkunang-kunang karena tensi darah yang sangat rendah.

8. Hindari Mengangkat Beban yang Terlalu Berat

Mengangkat beban yang terlalu berat bisa berakibat fatal untuk penderita tekanan darah rendah.  Sama halnya seperti bangun secara mendadak, perubahan titik gravitasi secara mendadak pada tubuh dapat mengakibatkan pusing dan pandangan berkunang-kunang.  Pada orang yang memiliki tekanan darah rendah akut, hal ini bahkan bisa mengakibatkan pingsan. Jika diharuskan, mintalah bantuan orang lain dan jangan sungkan untuk istirahat meletakkan beban sejenak ketika kamu mulai merasa lelah.

9. Olahraga Secara Teratur

Olahraga teratur adalah salah satu kunci dalam pola hidup sehat.  Ada sangat banyak penyakit yang bisa dihindari dengan melakukan olah raga secara teratur, termasuk tekanan darah rendah.  Berolahraga dapat membantu memperlancar aliran darah. Aliran darah yang teratur ini sangat diperlukan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Cobalah untuk berolahraga secara teratur setiap harinya walaupun tidak lama. Lakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil atau bersepeda.

10. Hindari Mandi Air Panas dan Spa Terlalu Lama

Mandi air panas memang memiliki efek relaksasi yang luar biasa, tetapi untuk kamu yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya membatasi hal ini. Karena mandi air panas dapat membuat tekanan darah semakin menurun.  Selain itu, hal ini juga dapat membuat kamu merasa lemas, pusing dan tidak bertenaga.

Batasi juga aktivitas spa dan sauna.  Jika kamu melakukan spa atau sauna, lakukanlah dalam posisi duduk yang nyaman, di kursi yang stabil atau tidak licin untuk  mengantisipasi jika tiba-tiba kamu merasa pusing dan harus bersandar pada sesuatu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel