10 Tips Lancar Berbicara Di Depan Umum

10 Tips Lancar Berbicara Di Depan Umum

 
10 Tips Lancar Berbicara Di Depan Umum
Picture credit: bebeautiful.in
Berbicara di depan umum tidaklah semudah berbicara seperti biasa, bahkan kebanyakan orang mengalami demam panggung dan gugup saat berbicara di depan umum. Untuk menjadi pembicara atau public speaker yang handal, ada skill tertentu yang harus dimiliki. Agar tidak gugup kamu haruslah percaya diri, jika kamu percaya kamu bisa, maka kamu akan bisa. Selain percaya diri, ada beberapa hal yang bisa kamu kuasai. Berikut 10 Tips Lancar Berbicara Di Depan Umum.

1. Kuasai Materi

Hal yang harus dikuasai agar lancar berbicara di depan umum adalah menguasai materi. Kamu harus memastikan bahwa semua materi yang akan disampaikan sudah kamu kuasai dengan baik. Pastikan kamu siap menjawab semua pertanyaan dari audiens. Jika kamu menguasai materi dengan baik, rasa percaya diri kamu juga akan meningkat dan audiens juga merasa mendapatkan sesuatu yang berarti dari apa yang kamu sampaikan.

2. Latihan

Agar semakin percaya diri dan semakin lancar, lakukan latihan. Terutama untuk kamu yang pemalu atau berkepribadian introvert, kamu harus latihan ekstra keras sebelum kamu tampil. Cobalah untuk latihan di depan cermin atau dihadapan keluarga dan teman. Evaluasi penampilan kamu, mulai dari volume dan intonasi suara, materi yang dibawakan, bahasa tubuh atau hal lainnya.

3. Latihan dan Evaluasi dengan Membuat Vlog

Saat ini Vlog atau video blog sedang trend dan digandrungi banyak orang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk latihan dan mengevaluasi penampilan kamu. Cobalah untuk merekam diri kamu saat sedang berbicara, upload video tersebut ke berbagai situs seperti YouTube atau Facebook. Tonton dan cermati video tersebut serta minta pendapat ke teman-teman atau penonton bagaimana penampilan kamu. Pelajari dan perbaiki berbagai kekurangan dari penampilan kamu.

4. Pahami Karakter Audiens

Sebelum tampil, kamu harus memahami siapa yang akan menjadi pendengar. Sesuaikan materi dan cara penyampaian dengan audiens kamu. Berbicara di depan orang dewasa tentunya berbeda dengan berbicara di depan anak kecil. Cari tahu golongan mana yang paling dominan di antara para audiens yang akan mendengarkan kamu. Cobalah untuk mengangkat topik atau contoh kasus yang sedang populer dalam golongan dominan tersebut untuk membuat audiens merasa materi kamu menarik.

5. Pahami Setting

Jika memungkinkan, beberapa hari sebelum hari-H kunjungilah tempat kamu akan berbicara. Cermati dengan seksama bentuk panggung yang disediakan untuk kamu.  Perhatikan juga apakah kamu dapat berbicara sambil duduk atau harus berbicara sambil berdiri dan seberapa jauh jarak pembicara dengan audiens. Hal ini berguna untuk menentukan gaya yang akan kamu bawakan selama berbicara.


6. Bayangkan

Selama proses latihan, cobalah untuk membayangkan kamu sedang berbicara di depan umum. Bayangkanlah bagaimana posisi kamu saat berbicara, gaya bahasa apa yang akan kamu gunakan, bagaimana kamu berinteraksi dengan audiens dan bagaimana respon mereka terhadap hal-hal yang disampaikan. Hal ini akan menjadikan kamu lebih siap secara mental. Catatlah hal-hal yang kamu bayangkan tersebut dan cobalah untuk melatihnya dengan baik.

7. Jangan Tegang 

Rasa tegang, gugup dan grogi adalah musuh nomor satu seseorang ketika akan berbicara di depan umum. Hilangkan lah rasa tegang ini. Caranya sangat mudah, bayangkanlah bahwa audiens tersebut seolah-olah seperti boneka atau berbagai benda lucu yang tidak terkesan mengancam keberadaan kamu sebagai pembicara.

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa tegang adalah relaksasi, hirup dan hembuskan napas panjang sebelum tampil.  Persiapan yang matang juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi rasa grogi, tegang dan nervous kamu.

8. Senyum 

Tersenyumlah saat sedang berbicara di depan umum. Senyum adalah hal yang sangat penting untuk mengapresiasi audiens. Karena itu, jangan lupa untuk tersenyum, terutama pada bagian awal pembicaraan. Jika kita tersenyum, audiens menjadi lebih simpatik dalam mendengarkan berbagai hal yang disampaikan. 

9. Kontak Mata 

Kontak mata merupakan hal yang sangat penting dalam proses berbicara. Pastikan selama berbicara di depan umum pandangan kamu tidak hanya tertuju pada satu titik.  Jangan hanya melihat teks atau hanya melihat layar presentasi, apalagi hanya menunduk ke bawah.  Cobalah untuk menatap audiens, tidak hanya pada satu arah, namun juga ke beberapa arah yang berbeda.

Dengan adanya kontak mata, audiens akan merasa lebih diperhatikan.  Mereka pun akan lebih fokus mendengarkan apa yang kamu sampaikan.  Jika kamu merasa grogi atau tidak percaya diri untuk menatap mata mereka secara langsung, cobalah untuk menatap kening para penonton.

10. Pengalaman

Untuk dapat berbicara dengan lancar di depan umum, kamu harus memiliki pengalaman. Semakin sering kamu berbicara di depan umum, semakin lancar kamu menyampaikan apa yang ada di kepala kamu. Semakin banyak pengalaman membuat kamu memiliki berbagai kemampuan teknis dalam berbicara dan demam panggung kamu semakin berkurang.

Jangan takut untuk berbicara di depan umum walau kamu belum terbiasa, ambil pelajaran dari setiap penampilan kamu. Semakin banyak kamu tampil maka kamu akan semakin terbiasa dan kekurangan-kekurangan di penampilan sebelumnya dapat diperbaiki.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Lancar Berbicara Di Depan Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel