10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain


10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain


Bagaikan di film-film, orang-orang ini adalah penjahat yang bertobat dan menebus kesalahan mereka dengan membantu menangkap penjahat lainnya. Siapa saja mereka? Berikut adalah 10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain.

10. Frank Abagnale 

10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain
Picture credit: en.wikipedia.org

Mungkin nama Frank Abagnale terdengar tidak asing lagi ditelinga para pecinta film Hollywood. Ya, dia adalah inspirasi untuk film Catch Me If You Can. Kisahnya dimulai sejak usia dini. Setelah perceraian orang tuanya, Abagnale ikut ayahnya berpergian dalam rangka perjalanan bisnis. Ia menyalahgunakan kartu kredit ayahnya tanpa seizin ayahnya. Abagnale tidak menyadari bahwa ayahnya sedang berjuang secara financial. Ia berhenti setelah menyadari bahwa ia telah mencuri hampir seribu dolar.

Setelah dikirim ke sekolah kedisiplinan, Abagnale melarikan diri dari rumah. Tanpa uang, dia mulai menulis cek palsu untuk mencukupi keperluannya. Abagnale menulis ratusan cek palsu dan mengisi akunnya dengan ribuan dolar. Dia tahu bahwa pihak berwenang akan mengejarnya dan jika dia melanjutkan kegiatannya, dia harus membuat identitas baru. Abagnale melakukan lebih dari itu. Pada usia 21 tahun, Abagnale berhasil berperan sebagai pilot penerbangan, dokter, pengacara, dan profesor perguruan tinggi. Selama waktu itu, dia menulis lebih dari $ 2,5 juta cek palsu.

Frank Abagnale akhirnya ditangkap oleh polisi Prancis dan menjalani hukuman lima tahun penjara. Dia diizinkan melakukan pembebasan awal dengan syarat dia bekerja dengan pemerintah AS. Abagnale membantu FBI selama lebih dari 30 tahun, sementara itu ia juga berkonsultasi dengan lembaga keuangan, perusahaan, dan lembaga penegak hukum mengenai kecurangan dan keamanan. Dia juga memulai perusahaannya sendiri, mendidik konsumen tentang bagaimana tidak menjadi korban orang seperti dirinya yang dulu.

9. Kevin Mitnick 

10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain
Picture credit: en.wikipedia.org

Pada tahun 1992, FBI menyerbu ke apartemen Kevin Mitnick, seorang hacker yang dicari karena mencuri perangkat lunak. Satu-satunya yang ditemukan oleh agen federal adalah sekotak donat di lemari es yang diberi label "FBI Donuts". Mitnick mulai melakukan hacking saat masih remaja, ketika seorang teman menunjukkan kepadanya "phreaking telepon" yang melibatkan hacking sirkuit dan switch perusahaan telepon. Dia menjadi lebih ambisius dan mulai mencuri kode sumber dari perusahaan IT.

Setelah tiga tahun menghindari pihak berwajib, Mitnick ditangkap pada tahun 1995 di North Carolina dan menjalani hukuman lima tahun penjara. Perjanjian pembelaannya membatasi dia untuk menggunakan Internet selama tiga tahun setelah dibebaskan dan juga mendapat keuntungan dari ceritanya selama tujuh tahun. Dia membangun perusahaan keamanan komputernya sendiri, membantu para pebisnis melindungi diri dari hacking dan pencurian data.

8. Wayne Bradshaw 

Wayne Bradshaw adalah seorang anggota geng biker para pagan, dia mengumpulkan hutang, merampok pengedar narkoba dan terlibat dalam perkelahian lebih banyak daripada yang bisa dia hitung. Suatu ketika, Bradshaw mematahkan hidung seorang pria. Saat darah mengalir keluar dari pria itu, dia menyadari bahwa dia tidak dapat melanjutkannya. Dia tahu bahwa cepat atau lambat, dia akan ditangkap atau meninggal. Bradshaw memutuskan untuk meninggalkan para pagan dan bergabung dengan kepolisian.

Petugas awalnya skeptis terhadap Bradshaw, namun mantan penjahat itu mampu menunjukkan nilainya dalam pekerjaan menyamar. Bradshaw bertugas sebagai Petugas Kepolisian selama 20 tahun sebelum akhirnya pensiun, sekarang ia mengajar kelas bela diri untuk wanita.

7. Frank Lucas 

10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain
Picture credit: en.wikipedia.org

Film American Gangster menggambarkan kehidupan gembong-gembong narkoba Frank Lucas. Dia meninggalkan rumahnya di North Carolina setelah terjadi pertengkaran dan melarikan diri ke New York. Lucas terlibat dalam beberapa kejahatan, menjadi drifter dan akhirnya melakukan perjalanan ke Bangkok, Thailand. Di sana, Lucas bertemu dengan seorang tentara Amerika kulit hitam yang bisa menghubungkannya dengan pemasok heroin. Lucas tahu bahwa satu-satunya cara untuk melemahkan mafia Italia adalah memiliki hubungan langsung dengan pemasok dan sekarang dia memilikinya.

Banyak cerita tentang bagaimana sebenarnya Lucas menjual obat-obatan ke AS. Lucas sendiri telah mengaku telah menyembunyikan narkoba di peti mati tentara yang tewas, namun yang lain menyangkal hal ini, mereka menyatakan bahwa narkoba tersebut disembunyikan di dalam perabotan. Heroin yang diselundupkan Lucas menjadikannya komoditas terpanas di jalanan. Lucas menamai produknya" Blue Magic" dan menghasilkan banyak uang sebesar $ 50 juta. Meskipun ia membeli properti di seluruh negeri, Lucas tetap low profile dan hanya mengizinkan anggota keluarga untuk bekerja dalam bisnisnya.

Pada bulan Januari 1975, rumah Lucas dirazia oleh 10 agen Drug Enforcement Agency. Dia dihukum karena tuduhan baik negara bagian maupun federal dan dijatuhi hukuman 70 tahun penjara. Namun, Lucas memutuskan untuk menggunakan keahlian kejahatannya dan pengetahuan tentang dunia obat terlarang untuk membantu petugas. Dia memberikan bukti yang menyebabkan lebih dari 100 fakta tentang obat-obatan dan sebagai bayaran dari pekerjaannya, hukumannya diringankan.

6. Xavier Monsegur 

10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain
Picture credit: hongkiat.com

Salah satu anggota pendiri LulzSec, Hector Xavier Monsegur, diberi hukuman penjara 7 bulan setelah bekerja dengan pihak berwenang untuk "mengganggu atau mencegah 300 serangan" yang menargetkan militer, kongres, dan perusahaan swasta. Pejabat pemerintah meyakini karyanya mencegah kerugian jutaan dolar bagi yang ditargetkan. Hal ini sangat jauh dari kepribadian hacker-nya, Sabu, di mana ia memimpin serangan terhadap Sony dan Fox News Channel. LulzSec memperjuangkan dirinya sebagai hacking yang benar, yang menargetkan perusahaan atau institusi yang mereka anggap jahat.

Setelah ditangkap, Monsegur terus mengidentifikasi dirinya sebagai Sabu, mengumpulkan kepercayaan dari sesama hacker. Kemudian, menurut anggota Anonymous, dia menginstruksikan anggota untuk meretas sebuah firma intelijen global yang menyebabkan penangkapan Jeremy Hammond, seorang hacker yang terkenal diantara pihak berwenang.


5. Sven Jaschan 

10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain
Picture credit: toptenz.net

Lahir di Jerman, Sven Jaschan mengembangkan worm Nesky dan Sasser pada tahun 2004 saat ia masih remaja. Virus tersebut ditemukan bertanggung jawab atas hampir 70% malware yang menyebar melalui internet saat itu. Orang-orang di sekitar Jaschan percaya bahwa dia menciptakan malware untuk membantu bisnis dukungan PC keluarganya dan secara aktif mencari dan mengembangkan penangkal worm. Meskipun demikian, Jaschan dinyatakan bersalah dan menerima hukuman percobaan dan tiga tahun masa percobaan karena kejahatannya.

Jaschan tidak menciptakan lebih banyak virus, namun ia mulai berusaha menjauhkan virus dari menginfeksi komputer. Dia dipekerjakan oleh perusahaan keamanan Jerman Securepoint sebagai analis keamanan pada tahun yang sama.

4. Joseph Valachi 

10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain
Picture credit: en.wikipedia.org

Joseph Valachi paling dikenang sebagai anggota mafia pertama yang sepenuhnya mengakui keberadaan mafia tersebut, serta istilah "Cosa Nostra" menjadi istilah rumah tangga setelah kesaksiannya. Valachi adalah seorang tentara dari mafia Genovese di New York. Beberapa pelanggarannya yang paling keji adalah luka parah yang dialami Joseph Catania alias "Joe Baker" dan underboss untuk Joe "the Boss" Masseria, serta pembunuhan seorang pria di penjara yang dia anggap sebagai pembunuh mafia.

Valachi menyerahkan diri ke pihak berwenang dan mengklaim bahwa dia ingin memberi kesaksian sebagai layanan publik, dengan harapan bisa membongkar organisasi mafia dan menyingkirkan elemen kriminal mereka. Sebagai hasil dari kesaksiannya, penegak hukum mampu menyelesaikan kejahatan yang sebelumnya tidak terpecahkan, selain itu, penegak hukum akhirnya memiliki pemahaman penuh tentang cara kerja dan aktivitas operasi mafia Italia.

3. Joseph "The Animal" Barboza 

10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain
Picture credit: mafia.wikia.com

Julukan ini diberikan kepada Joseph Barboza bukan karena ia dekat dengan hewan, melainkan karena kecendrungan prilakunya yang seperti hewan. Julukannya diperoleh setelah pertengkaran dengan mafioso dimana dia menggunakan giginya untuk melawan pria tersebut. Beberapa orang percaya bahwa Barboza bertanggung jawab atas kematian 26 orang, namun dia hanya mengakui tujuh orang. Penangkapannya terjadi pada saat FBI dengan putus asa mencari seorang pria dalam gerombolan dan Barboza menjadi informan mereka yang berharga.

Pekerjaan Barboza membantu meyakinkan banyak anggota mafia Patriarca sehingga FBI menutupi keikutsertaannya dalam sebuah pembunuhan. FBI juga tidak pernah menuntut Barboza atas kejahatan ini, namun mengizinkannya untuk mengambil alih dan melibatkan empat orang yang tidak bersalah. Rekan Barboza  di FBI, H. Paul Rico, kemudian membual bahwa mereka telah mendapatkan empat "merpati" atas kejahatan yang tidak mereka lakukan dan membiarkan Barboza melanjutkan pekerjaannya.

2. Ralph Guarino

Pada tahun 1998, tiga orang melakukanperampokan di kantor Bank of America di dalam World Trade Center. Mereka berhasil mencuri $ 1,6 juta. Meski berhasil melarikan diri dengan uangnya, para perampok sepertinya melupakan salah satu aturan paling mendasar tentang perampokan bank: jangan tunjukkan wajahmu. Dua perampok tertangkap kamera, dan kemudian dilacak oleh polisi. Pemimpin dari mereka adalah seorang gangster dengan nama Ralph Guarino.

Guarino terikat erat dengan sindikat kejahatan DeCavalcante dan setuju untuk menyamar dan menyusup ke keluarga New Jersey. Mendapatkan kepercayaan dan persahabatan Vincent "Vinny Ocean" Palermo, Guarino masuk ke lingkaran gangster. Dia memakai kawat dan juga menanamkan serangga untuk merekam percakapan yang memberatkan. Hasil kerjanya sangat penting dalam pembongkaran gangster DeCavalcante karena kesaksiannya menyebabkan penangkapan hampir 45 pria. Namun, Guarino segera menjadi sasaran para gangster karena bocoran di dalam kepolisian mengungkapkan bahwa dirinya bekerja sebagai informan. Guarino kemudian dipaksa untuk bergabung dengan Program Perlindungan Saksi.

1. Barry Minkow 

10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain
Picture credit: biography.com

Pada usia 16, Minkow memulai bisnis pembersihan dan restorasi karpet sendiri yang disebut ZZZZ Best. Ingin mengembangkan usahanya, dia berusaha mendapatkan pembiayaan dari bank, namun tidak berhasil. Hukum California pada saat itu bahkan tidak membiarkannya membuka rekening giro. Minkow tidak tergoyahkan dan memutuskan untuk melakukan satu-satunya yang bisa dia lakukan untuk membiayai bisnisnya: perampokan.

Minkow tak hanya mencuri dari neneknya sendiri, tapi pura-pura bangkrut di bisnisnya untuk mendapatkan uang. Dia juga melakukan pemeriksaan kecurangan untuk menutupi biaya kartu kreditnya. Seiring berlalunya waktu, dia menciptakan legitimasi untuk bisnisnya dengan mencuri kop surat dari perusahaan lain. Bisnisnya menjadi sukses, Minkow dapat membawa perusahaannya ke public dan mengumpulkan banyak uang sebesar $ 100 juta.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Penjahat Yang Menangkap Penjahat Lain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel