10 Obat Batuk Herbal Alami Paling Manjur


10 Obat Batuk Herbal Alami Paling Manjur


Hallo~ Apa kabar kamu-kamu semua? Memasuki pergantian musim saat ini, menjadikan kita mudah terserang flu dan batuk. Kita perlu menjaga kesehatan dan minum air yang banyak agar tidak terserang batuk. Namun, jika sudah terserang batuk, minum obat adalah cara paling ampuh untuk menghentikannya. Obat kimia tidak terlalu baik untuk tubuh kita. Untuk itu, kita akan membahas 10 obat batuk herbal alami paling manjur yang bisa kamu-kamu coba sebelum meminum obat kimia.

10 Obat Batuk Herbal Alami Paling Manjur
Picture credit: medimetry.com
  

1. Jahe Merah

   
Jahe merah dapat digunakan untuk memberantas batuk kering. Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dahak atau riak dan tidak disertai sekresi pada saluran napas. Cara nya adalah kupas jahe merah tersebut hingga bersih, lalu kunyah jahe merah tersebut dan telan airnya, buang ampasnya. Bisa juga jahe merah tersebut digeprek lalu direbus dengan tiga gelas air dan sedikit gula merah hingga tersisa satu gelas, kemudian minum selagi hangat.
  

2. Asam Jawa dan Gula Merah


Asam jawa dan gula merah merupakan bumbu dapur yang sangat mudah ditemukan. Selain digunakan untuk bumbu masakan, paduan asam jawa dan gula merah juga dapat mengobati batuk. Caranya yaitu siapkan 10 daging buah asam jawa, seduh dengan segelas air panas dan tambahkan gula merah secukupnya, aduk sampai merata dan minum selagi hangat.
  

3. Daun Kayu Putih


Selain berkhasiat menghangatkan tubuh, kayu putih bisa juga digunakan untuk mengobati batuk. Caranya yaitu rebus 10-15 gram daun kayu putih dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut selagi hangat.
  

4. Madu


Sudah bukan rahasia lagi bahwa madu mempunyai banyak khasiat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya yaitu untuk mengobati batuk, dengan dicampur cabe Jawa. Caranya sangat mudah yaitu tumbuk 6 gram cabe Jawa kering hingga halus, campur dengan satu sendok madu dan minum secara rutin satu kali sehari hingga sembuh.
  

5. Kunyit


Kunyit telah lama dikenal sebagai tanaman rimpang yang kaya akan kandungan anti-biotik. Kandungan tersebut mampu mengatasi peradangan saluran pernafasan yang mengakibatkan batuk kering. Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dan setengah sendok teh bubuk merica ke dalam air mendidih, aduk hingga merata. Minum ramuan tersebut selagi hangat dua kali sehari.


6. Belimbing Wuluh


Buah yang sangat asam ini ampuh mengobati batuk. Caranya, bersihkan 10 belimbing wuluh lalu parut hingga halus. Masukan parutan tersebut ke dalam segelas air dan tambahkan sedikit garam, saring dan buang ampas belimbing wuluh. Minum  hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore.
  

7. Daun Sirih


Batuk berdahak sangat mengganggu aktifitas keseharian karena sangat tidak nyaman dan juga terkadang menjadi pust perhatian orang lain-lain. Kamu-kamu bisa menyembuhkan batuk berdahak dengan daun sirih. Caranya yaitu rebus daun sirih secukupnya dengan beberapa iris jahe. Minum air rebusan daun sirih dan jahe minimal sekali sehari agar tubuh tetap sehat dan hangat.
  

8. Kencur


Kencur dapat mengobati batuk dengan cara dicampur dengan jahe. Siapkan jahe dan kencur secukupnya, parut keduanya hingga halus lalu campur hingga merata. Rebus campuran kencur dan jahe tersebut pada segelas air mendidih. Saring, buang ampasnya dan minum hasil rebusan tadi selagi hangat minimal dua kali sehari.
  

9. Jahe


Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik bagi tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mengobati batuk berdahak. Bagi yang sedang menderita batuk berdahak, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sari jahe atau wedang jahe minimal satu kali sehari. Caranya, dengan mengiris jahe lalu direbus. Tuang air rebusan tadi ke dalam cangkir dan ditambahkan sedikit gula. Minum selagi hangat. Selain cara tersebut, bisa juga dengan cara memasukkan beberapa irisan jahe yang sudah dikupas ke dalam segelas teh hangat lalu minum sebanyak dua hingga tiga kali sehari.
  

10. Jeruk Nipis


Jeruk nipis sangat ampuh digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Caranya yairu dengan menggunakan campuran beberapa air perasan jeruk nipis dengan sesendok kecap manis. Bagi yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Minum campuran tersebut setidaknya 2-3 kali sehari.

Cara lain untuk mengatasi batuk dengan jeruk nipis adalah dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, diamkan sejenak. Kulit bagian luar jeruk dibakar hingga berbuih, peras jeruk tersebut dan tambahkan sedikit gula batu. Setelah tercampur rata, minum air perasan tersebut.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Obat Batuk Herbal Alami Paling Manjur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel