10 Nama Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Kita Ketahui

10 Nama Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Kita Ketahui



Malaikat adalah salah satu mahluk Allah yang diciptakan dari cahaya tanpa adanya nafsu. Malaikat diciptakan dengan tujuan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Percaya akan keberadaan malaikat merupakan salah satu dari rukun iman yang wajib dijalani oleh setiap manusia. Ada banyak malaikat yang diciptakan Allah SWT, tapi kita hanya wajib mengetahui 10 diantara mereka. Masih ingatkah kamu nama-nama dari 10 malaikat tersebut? Mari kita ingat kembali.
Picture credit: muslimdakwah.com

1. Malaikat Jibril

Nama malaikat Jibril tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena nama Malaikat Jibril ini banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Selain itu, nama malaikat Jibril banyak kita ketahui dan dengar dari kisah Nabi Muhammad SAW. Dimana malaikat Jibril sering kali menampakkan dirinya dan banyak melakukan interaksi dengan Rasulullah SAW.

Malaikat Jibril ditugaskan sebagai penyampai wahyu atau firman Allah SWT kepada Nabi dan Rasul. Dia adalah sarana komunikasi antara Allah dan para Nabi dan Rasul.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah malaikat yang bertugas untuk memberikan rezeki kepada seluruh umat manusia, baik itu yang beriman kepada Allah, maupun yang tidak beriman. Tidak hanya umat manusia, Malaikat Mikail juga memberikan rezeki ke seluruh mahluk ciptaan Allah. Tentu saja hal ini terjadi karena ketentuan dari Allah dan atas izin Nya.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil mempunyai tugas untuk meniupkan terompet sangkakala pada hari kiamat kelak. Diketahui bahwa takan terompet sangkakala akan ditiup sebanyak tiga kali. Tiupan pertama adalah pertada hari kiamat sudah tiba dan akan mengguncangkan semua isi bumi.

Tiupan kedua adalah tiupan kematian, maka semua mahluk ciptaan Allah yang ada di bumi dan di langit akan mati, terkecuali beberapa Malaikat yang Allah kehendaki untuk tidak mati. Tiupan ketiga adalah tiupan kebangkitan setelah kematian, di mana semua mahluk yang telah mati akan dibangkitkan kembali oleh Allah SWT.

4. Malaikat Izrail

Malaikat yang ke empat sering dikenal dengan malaikat kematian oleh Agama lain. Dalam Agama Islam malaikat pencabut nyawa dikenal dengan nama Malaikat Izrail. Keberadaan Malaikat Izrail bisa sangat ramah dan bisa pula sebaliknya, semua tergantung amalan manusia yang dicabut nyawanya  semasa hidupnya, apa kah baik atau buruk.

Jika kita hidup di dunia dengan baik, menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangannya, maka kita akan bertemu dengan keramahannya. Sebaliknya, jika kita hanya mementingkan dunia tanpa mengingat akhirat, siap-siaplah untuk bertemu dengan kemurkaannya. Malaikat Izrail ini hanya dapat kita lihat ketika kita sudah Syakaratul Maut atau menuju kematian.

5. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib adalah malaikat yang memiliki tugas sebagai pencatat amal baik yang telah dilakukan oleh manusia dan akan terus bersama manusia selama hidupnya di dunia. Hanya saja kita tidak bisa melihat keberadaanya.

Semua niat dan perbuatan baik yang kita lakukan atau yang kita lakukan akan dicatat oleh Malaikat Raqib dan tidak akan pernah terlewat sedikitpun.


6. Malaikat Atid

Malaikat Atid juga bertugas sebagai pencatat, namun yang dicatat adalah kebalikan dari malaikat Raqib. Malaikat Atid bertugas untuk mencatat perbuatan buruk atau perbuatan yang tidak di Ridhoi oleh Allah. Ingat, jika Malaikat Raqib mencatat niat baik, Malaikat Atid tidak demikian, Ia akan mencatat perbuatan buruk tersebut jika sudah dilakukan. Maha Pemurah Allah SWT.

Catatan amal buruk tidak akan ada yang terlewat, setiap catatan amal buruk akan kita lihat saat Hari Perhitungan. Semua amal kita akan ditimbang, apakah amalan baik yang berat atau amalan buruk yang berat.

7. Malaikat Munkar

Malaikat Mungkar adalah nama dari Malaikat yang diberikan tugas oleh Allah SWT sebagai Malaikat yang menanyakan dan memeriksa perbuatan baik seorang manusia ketika masih hidup didunia. Tugas Malaikat Mungkar dilaksanakan di alam kubur dan manusia yang ditanya tidak akan bisa berbohong.

8. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir memiliki tugas yang sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menanyakan perbuatan manusia. Namun kebalikan dari malaikat munkar, malaikat Nakir bertugas untuk menanyakan tentang perbuatan buruk apa saja yang telah dilakukan oleh manusia semasa hidupnya di dunia. Pertanyaan dan intograsi ini akan dilakukan saat manusia telah berada di alam kubur.

Manusia juga tidak akan mampu mengelak dan berbohong, karena saat itu yang menjawab pertanyaan dari Malaikat Nakir bukanlah mulut kita, melainkan anggota tubuh yang lain yang atas kehendak Allah mampu menjawab semua pertanyaan dari Malaikat Nakir.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah Malaikat yang menjaga pintu neraka. Malaikat Malik akan menyeret manusia yang tidak beriman ke dalam neraka tanpa ampunan, ia dengan tegas dan patuh melaksanakan perintah Allah SWT.

10. Malaikat Ridwan


Malaikat ke 10 yang wajib kita imani adalah Malaikat Ridwan. Malaikat Ridwan ini berbeda dengan Malaikat Malik, Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu Surga, setiap manusia yang akan memasuki Surga akan di sambut dengan senyuman ramah oleh malaikat Ridwan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Nama Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Kita Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel