10 Manfaat Internet

10 Manfaat Internet


Memasuki tahun milenium, internet yang dulunya hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu kini dapat digunakan oleh semua orang. Beragam situs dan informasi di belahan dunia manapun dapat di akses hanya melalui ujung jari. Kita pun dituntut agar dapat menggunakan internet agar tidak ketinggalan informasi dan kesulitan dalam berbagai bidang yang kini mulai menggunakan internet. Namun ibarat pisau yang bermata dua, jika tidak digunakan dengan hati-hati internet dapat melukai kita dengan dampak negatifnya. Kuncinya satu yaitu harus dimanfaatkan dengan baik dan bijak.

10 Manfaat Internet
Picture credit: mindsight.pk

Berbagai manfaat internet dapat kita peroleh jika memanfaatkannya dengan baik dan bijak. Internet menjangkau berbagai bidang seperti pendidikan, hiburan, komunikasi dan juga bisnis. Berikut ini adalah 10 Manfaat Internet.

1. Menambah Wawasan


Ada milyaran informasi dari berbagai belahan dunia yang dapat kita akses di internet, kita hanya perlu mengketik keyword atau kata kunci dari apa yang kita cari di search engine, dan voila~ informasi berada di tangan kita. Wawasan kita menjadi bertambah karena internet.

2. Lebih Efisien

Tak perlu mengeluarkan biaya dan tenaga untuk membeli koran atau majalah, tak perlu repot pergi ke ATM untuk transfer uang, bahkan kita tak perlu pergi keluar rumah untuk membeli sesuatu. Dengan internet semua yang kita perlukan bisa kita dapatkan. Internet membuat semuanya lebih efisien.

3. Memudahkan Komunikasi

Jika dulu untuk berkomunikasi dengan jarak jauh kita harus mengirim surat dan menunggu waktu lama agar suratnya sampai, kini kita dapat dengan cepat bahkan sangat cepat untuk berkomunikasi. Surat dapat kita kirimkan melalui surel atau e-mail, berbagai aplikasi chating juga bermunculan ditengah-tengah kita seperti facebook, twitter, whatsapp dan aplikasi chating lainnya.


4. Untuk Menjalankan Bisnis

Untuk para pelaku bisnis, dengan adanya internet, bisnis mereka menjadi lebih berkembang. Bisnis yang dijalankan di internet disebut bisnis online. Saat ini hampir semua bisnis dari yang kecil hingga besar memanfaatkan bisnis online. Hanya dengan duduk di depan laptop atau komputer, produk terjual, uang mengalir. Tentunya hal ini membuat hemat tenaga dan bahkan penghasilannya bisa lebih besar dibandingkan bekerja di dunia nyata.

5. Memudahkan Pekerjaan

Sudah Dieci sentil sebelumnya jika internet membuat semuanya lebih efisien, termasuk pekerjaan. Pekerjaan menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Kita tidak perlu menyetor uang ke bank atau ATM, cukup dengan menggunakan e-banking uang bisa dikirim.


6. Sarana Pendidikan

Melalui internet, proses belajar mengajar menjadi lebih mudah. Tanpa harus bertatap muka, guru atau dosen dapat membagikan ilmunya kepada murid melalui internet. Murid juga dapat mencari bahan pelajaran melalui internet.

7. Sebagai Sarana Hiburan

Ada banyak hiburan yang dapat kita peroleh melalui internet, seperti video lucu, gambar menghibur, meme, musik, video game online, informasi-informasi menghibur dan masih banyak lagi.


8. Berbelanja Online


Seperti yang telah disebutkan di atas, kita dapat membeli apapun melalui internet. Pakaian, perabotan, makanan bahkan berlian dapat kamu beli melalui internet. Jika kamu lapar dan malas untuk masak maupun keluar rumah, kamu bisa berbelanja makanan melalui internet. Namun kamu harus hati-hati saat berbelanja online, terkadang ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan internet untuk menipu orang lain. Kamu hanya perlu mencari barang yang kamu inginkan, perhatikan deskripsi penjualan dan testimoni dari pembeli, ikuti format pemesanan, kirim uang, barang kamu dapatkan.

9. Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing

Dapat menggunakan bahasa asing terutama bahasa Inggris menjadi nilai tambah untuk kita. Bahkan bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional seharusnya wajib kita kuasai karena setiap aspek terutama pekerjaan atau penggunaan alat-alat import menggunakan bahasa Inggris. Dengan internet kita dapat meningkatkan penguasaan bahasa asing lewat membaca artikel-artikel yang berbahasa asing atau menggunakan alat penerjemah kata, Google Translate.

10. Mendorong Kemandirian

Orang yang sudah fasih menggunakan internet biasanya cendrung lebih mandiri dalam mencari informasi yang ia butuhkan. Rasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi menjadikan ia berusaha mencari tahu melalui internet.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Manfaat Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel